Sukses

Penyebab Rambut Pecah dan Bercabang

Penyebab rambut kusam tak bercahaya, pecah-pecah, atau bercabang penyebabnya ternyata dari air dan pipa.

Rambut kusam tak bercahaya atau pecah-pecah di ujung membuat si pemilik tak percaya diri dan berusaha mencari cara untuk mengatasinya dengan ganti-ganti sampo. Peneliti mengklaim telah mengetahui penyebabnya yakni air dari ledeng.

Akar permasalahan semua itu dari pipa yang dilalui air. Pipa air ternyata mengandung banyak tembaga. Logam ini bisa menumpuk di rambut dan tak bisa dicuci bersih dengan sampo biasa.

Apalagi rambut menyerap tembaga seperti spons. Karenanya, rambut tembaga terlihat kusam, bahkan penata rambut dunia tak bisa membantunya.

Tembaga di rambut bisa menghancurkan. Ini terakumalasi sebagai radikal bebas dan membuat rambut rentan terhadap sinar matahari. Namun, jangan sampai memilih mengecat rambut agar terlihat bagus. Tembaga yang ada di rambut bisa merusak kutikula (kulit terluar rambut), yang membuat rambut rentan terhadap kerusakan.

Seperti dikutip GeniusBeauty, Jumat (21/6/2013), Procter & Gamble memperingatkan hal tersebut. Spesialis perusahaan itu melakukan penelitian dan menganalisa rambut 450 wanita di berbagai negara dengan berbagai tingkatan tembaga di dalam air.

Para ilmuwan mengatakan, ada bahan yang menetralisasi tembaga yakni chelants (zat kimia). Namun, saat ini tak ada sampo yang mengandung chelants. Zat tersebut sekarang banyak ditemukan di dalam detergen.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini