Sukses

`Mr. Milker`, Ayah pun Bisa Ikut Nikmati Rasanya Menyusui Bayi

Menyusui kini tak hanya bisa dilakukan wanita, kaum pria pun bisa mencobanya.

Kesadaran orangtua terhadap pentingnya Air Susu Ibu (ASI) semakin tinggi. Kini, kaum ayah tak hanya menyaksikan anaknya yang menyusui ibunya tapi juga bisa `menyusui` anaknya dengan Mr Milker.

"Makan adalah bagian dari perilaku orangtua yang memeliharanya secara keseluruhan," kata Dr Susan Vierczhalek, seorang dokter anak di NYU Langone Medical Center seperti dikutip scienceline, Jumat (21/6/2013).

Menurutnya, meski pria yang `menyusui` tak berhubungan langsung ke puting, kontak fisik secara teratur pada usia dini membantu perkembangan jangka panjang.

Pada 2011, Journal of Human Lactation menyebutkan ayah yang menjadi bagian dari tim menyusui meningkatkan peran mengasuh anaknya sejak dini. Intinya, menyusui untuk pria adalah keterampilan yang bagus untuk dipelajari.

Vierchzalek menjelaskan, dalam menyusui melihat ke mata bayi sangat penting jika Anda ingin memaksimalkan ikatan Anda.

Jika pria benar-benar ingin menciptakan pengalaman menyusui, ada sebuah teknologi baru yang dapat membantu yakni payudara palsu.

Mr Milker adalah rompi yang menggunakan teknologi mutakhir untuk menyembunyikan kantung atau susu dan membuat bayi percaya bahwa Anda manusia berpayudara yang memberikan minuman. Namun ingat, ketika pria memakai Mr Milker Anda harus menghindari terlihat di depan umum.

Tubuh anak harus beristirahat di sepanjang lengan bawah dengan kepala di telapak tangan dan pusarnya ditujukan pada ketiak. Pastikan kepala, bahu, dan pinggul sejajar, dan Anda dapat mengontrol botol dengan tangan.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.