Sukses

Kelelahan Akut, Saat Lelah Tak Hilang-hilang Sepanjang Waktu

Kelelahan akut berbeda dengan rasa kantuk karena lelah atau tipes. tapi keadaan ketika seseorang merasa lelah secara konstan

Kelelahan akut berbeda dengan rasa kantuk karena lelah atau tipus. Meskipun sering disertai keinginan untuk tidur, tapi kelelahan akut juga biasanya dibarengi dengan berkurangnya motivasi.

Deskripsi

Seperti dikutip Mayoclinic, Kamis (20/6/2013) kelelahan akut merupakan keadaan ketika seseorang merasa lelah secara konstan dan semakin lelah dari waktu ke waktu. Hal ini mengurangi energi dan kapasitas mental.

Emedicinehealth juga menuliskan bahwa kelelahan akut merupakan perasaan kekurangan energi dan motivasi yang dapat memengaruhi fisik, mental atau keduanya.

Kelelahan pada dasarnya normal karena dipengaruhi aktivitas fisik sebanyak 20 persen dan pengaruh perasaan emosional atau mental hingga 40 persen sampai 80 persen. Namun, kelelahan yang normal pada orang sehat akan hilang dalam beberapa jam.

Gejala

Gejala umum yang menyebabkan kelelahan akut biasanya meliputi masalah kesehatan mental:
1. Sering merasa gelisah
2. Depresi
3. Sering sedih dan tegang menghadapi sesuatu
4. Nyeri otot
5. Nyeri sendi
6. Sakit tenggorokan
7. Sakit kepala
8. Hilangnya konsentrasi.

Penyebab lainnya dipengaruhi seperti konsumsi alkohol, kafein, aktivitas fisik yang berlebihan, perasaan malas, kurang tidur, konsumsi obat-obatan seperti antihistamin, obat batuk dan obat flu dalam jangka panjang, kebiasaan makan yang tidak sehat, dan kondisi medis tertentu.

Gejala kronis seperti pingsan atau kehilangan kesadaran (syncope),  denyut jantung cepat (palpitasi), pusing atau vertigo.

Komplikasi

Kelelahan akut ini juga dinilai merupakan tanda-tanda penyakit, seperti:

- Gagal hati
- Anemia
- Kanker
- Sindrom kelelahan kronis
- Gagal ginjal kronis
- PPOK (Penyakit paru obstruktif kronik)
- Empisema (penyempitan saluran napas)
- Penyakit jantung
- Hipertiroidisme (tiroid terlalu aktif)
- Hypothyroidism (tiroid kurang aktif)
- Sleep apnea
- Diabetes Tipe 1
- Diabetes tipe 2
- Kondisi psikologis atau kejiwaan

Penyebab

Coba perhatikan kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan yang mungkin menyebabkan Anda merasa seperti lelah akut:

1. Apa yang Anda makan.

Kafein dan gula dapat menyebabkan perasaan lelah. Banyak orang berpikir selama ini mengonsusi kopi enak dicampur gula. Padahal saran dari ahli gizi, sebaiknya minum kopi tanpa gula. Kopi yang manis tidak akan memberikan efek kesehatan. Lakukan diet sehat seimbang dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan protein.

"Kebanyakan orang merasa lemah jika mereka mengonsumsi makanan sehat. Padahal makan sehat akan menghindari obesitas yang merupakan penyebab kelelahan," kata J. Fred Ralston Jr, MD, mantan presiden American College of Physicians.

2. Berapa banyak Anda tidur.

Banyak orang yang sulit tidur. Jika Anda salah satu darinya, hindari kafein dan alkohol sebelum tidur, matikan televisi dan buat kamar tidur Anda tenang dan nyaman.

3. Berapa banyak Anda berolahraga.

Ralston mengatakan bahwa setidaknya tiga jam sebelum tidur, Anda memiliki waktu untuk olahraga ringan. Jika Anda berpikir bahwa olahraga akan membuat Anda lelah, Anda mungkin salah. Karena banyak penelitian menunjukkan bergerak lebih akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak energi.

Ralston menganjurkan olahraga 40 menit setiap empat hari dalam seminggu. Untuk pertama kali lakukan dalam satu bulan. Dan lihat apakan Anda ada perbaikan. Setelah itu, jika Anda merasa baik, lakukan selama tiga sampai enam bulan. Dan lihat apa yang akan rasakan.

4. Anemia.

Ini merupakan penyebab yang sangat umum dari kelelahan walaupun tes darah bisa mendeteksinya," kata Emory University clinical associate professor of medicine.

"Biasanya ini masalah bagi perempuan, terutama mereka yang memiliki periode menstruasi yang tidak teratur. Jika Anda mengalaminya, perbaiki diet Anda dengan makanan kaya zat besi seperti daging, sayuran berwarna hijau, atau suplemen jika Anda memiliki kekurangan zat besi kronis.

5. Kekurangan nutrisi penting, seperti kalium.

6. Masalah tiroid. Masalah tiroid apapun akan menyebabkan kelelahan.

7. Diabetes.

Orang yang memiliki diabetes yang tidak terkontrol biasanya memiliki penglihatan yang tidak baik atau banyak buang air kecil. Untuk itu, Anda harus memeriksakan diri ke dokter.

8. Depresi.

Jika rasa kelelahan disertai dengan kesedihan dan kehilangan nafsu makan, Anda mungkin sedang tertekan. Jangan menyimpan perasaan Anda sendiri. Konsultasikan pada dokter Anda, atau terapis agar Anda merasa lebih baik.

9. Masalah tidur.

Jika Anda pernah merasa ingin beristirahat, tapi sepertinya rasa lelah itu tidak hilang, segera konsultasikan masalah ini ke dokter. Karena bisa jadi ini bagian dari penyakit sulit tidur.

10. Penyakit jantung tidak terdiagnosis.

"Kelelahan dapat menjadi tanda masalah jantung, terutama pada wanita," kata Ralston.

Pengobatan

Untuk mengatasinya kelelahan akut, Anda hanya perlu istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas. Cari suasana yang bisa membuat rileks dan nyaman, lakukan perawatan diri seperti olahraga ringan atau berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Dan terakhir, jaga pola makan dengan gizi seimbang dan perbanyak minum air putih.

(Fit/Igw/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini