Sukses

Kiat Aman dan Nyaman Puasa bagi Penderita Mag dan Asam Lambung

Puasa bagi penderita mag dan asam lambung bukanlah halangan. Ikuti petunjuk-petunjuk ini

Puasa bagi penderita mag dan asam lambung bukanlah halangan. Karena menurut Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP dari RSCM-Universitas Indonesia, ada strategi yang bisa dilakukan agar penderita mag dan asam lambung dapat puasa dengan aman dan nyaman:

1. Hindari makanan yang mengandung gas, merangsang pengeluaran asam lambung seperti makanan berlemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman yang mengandung soda.

2. Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, di antaranya kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu full cream.

3. Hindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung antara lain kue tart dan keju.

4. Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung di antaranya mengandung cuka, pedas, merica, dan bumbu yang merangsang lainnya.

5. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

6. Hindari sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, dan dodol.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.