Sukses

Kiat Agar Tetap Bugar dan Segar Saat Berpuasa

Saat puasa terjadi perubahan metabolisme akibat pembatasan asupan. Pengaturan makan saat berpuasa bisa membuat tubuh menjadi bugar.

Selama puasa terjadi perubahan metabolisme akibat pembatasan asupan. Pengaturan makan yang baik saat berpuasa bisa membuat tubuh menjadi bugar.

Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP mengatakan, banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan serat salah satu upaya agar badan tetap sehat dan bugar.

"Agar badan tetap sehat dan bugar saat menjalani puasa ada beberapa upaya, di antaranya konsumsi makanan yang kaya akan serat," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (11/6/2013).

Upaya lain di antaranya tetap melaksanakan sahur dan buka puasa, tetap minum obat bagi yang berpenyakit kronis, tetap melakukan ibadah salat tarawih. Selain itu konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat, banyak minum air waktu buka dan sahur, serta jumlah tidur yang cukup dengan tidak berlebihan.

"Tetap menjalani sahur dan buka serta menjaga asupan air dan tidur yang cukup. Jika itu dilakukan maka badan akan tetap sehat dan bugar," jelasnya.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini