Asam Lambung Bukan Alasan Tidak Puasa Ramadan

  • Fit
  • 0
  • 12 Jun 2013 12:15

sakit-perut-130421b.jpg

Orang kerap beralasan puasa di Bulan Ramadan bisa membuat asam lambungnya naik. Padahal, puasa bisa menurunkan asam lambung. Jadi, tak ada alasan untuk tidak berpuasa.

Penelitian di Paris dengan melibatkan 13 sukarelawan mengungkapkan, saat puasa Ramadan terjadi peningkatan pepsin dan peningkatan asam lambung. Namun kondisi kembali normal setelah puasa.

"Puasa akan meningkatkan kadar gastrin dan menurunkan asam lambung. Perubahan pH lambung terjadi pada hari ke-10 saat puasa dan hari ke-24 setelah puasa," ujar Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, Selasa (11/6/2013).

Sakit mag fungsional terjadi karena makan yang tidak teratur, kebiasaan makan camilan berlemak, minum kopi atau minuman bersoda sepanjang hari, merokok, dan stres.

"Saat berpuasa keluhan asam lambung dapat berkurang jika makan teratur, mengurangi makan kudapan berlemak, kurangi rokok, mengurangi kopi dan pengendalian diri," ujarnya.

Pengobatan pasien dengan sakit maag fungsional, selain dengan menjaga pola hidup, bisa juga dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

"Pola hidup sehat perlu diterapkan agar tidak terjadi sakit maag fungsional dan juga mengonsumsi obat-obatan dengan resep dokter," ujarnya.

(Mia/Mel/*)

Credit: Melly Febrida

Like this article?

0 likes & 0 dislikes



Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler