Sukses

Enam Kiat Berpuasa Nyaman bagi Lansia

Pola makan orang yang berpuasa akan berbeda dari pola makan sehari-hari. Pengurangan kalori membuat banyak yang khawatir para manula.

Pola makan orang yang berpuasa akan berbeda dari pola makan sehari-hari. Pengurangan kalori membuat banyak yang khawatir para manula tidak sanggup menjalani puasa di bulan Ramadan.

Konsultan Geriarti, Dr. Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM memaparkan kiat-kiat berpuasa pada usia lanjut saat ditemui Liputan6.com, Selasa (11/6/2013).
Kiat-kiat tersebut yaitu:

1. Asupan Cairan

Konsumsi cairan 30-50 cc/kg per hari atau setara dengan delapan sampai sepuluh gelas untuk mencegah kekurangan cairan.

Dr. Eddy menjelaskan, takaran atau porsi mengonsumsi cairan saat puasa. "Untuk mencegah kekurangan cairan, sebaiknya mengonsumsi 8-10 gelas sehari dengan takaran 2 gelas saat berbuka, 3-4 gelas setelah tarawih, 1 gelas sebelum sahur dan 1-2 gelas saat sahur," paparnya.

2.  Pola Makan

Dr. Eddy menganjurkan sebaiknya makan berat setelah salat maghrib, diawali berbuka dengan yang manis untuk membatalkan. Pola makan juga diatur saat berpuasa, menurut Dr. Eddy membagi persentase kalori dalam 3 tahap.

"Pola makan sebaiknya diatur, saat sahur konsumsi 40 persen kalori, 50 persen saat berbuka (dibagi sebelum dan sesudah salat maghrib) dan 10 persen sesudah tarawih," jelasnya.

3. Hindari Es

Konsumsi Air atau jus buah antara berbuka dan sebelum tidur. Hindari terlalu banyak es karena dapat menahan rasa kenyang dan konsumsi makanan lengkap akan menurun.

4. Gizi Seimbang

Komposisi gizi harus seimbang, batasi makanan yang digoreng dan tinggi kandungan lemak. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna seperti gula.

5. Saat Sahur dan berbuka

Saat Sahur:

Batasi minuman teh atau kopi, dianjurkan mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan tinggi akan serat.

Saat Berbuka:

Dianjurkan konsumsi kurma, karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Pisang baik dikosumsi karena sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.

6.Kontrol Kesehatan

Cukup konsumsi vitamin dan mineral. Waspadai terjadinya kekurangan cairan. Kontrol ke dokter sebelum puasa.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini