Sukses

Usia Bukan Halangan bagi Lansia untuk Jalankan Puasa

Sebenarnya, usia bukan jadi penghalang untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Kesalahan pola pikir masyarakat yang membuatnya sering terjadi.

Sebagian umat Islam yang sudah berusia lanjut sering merasa was-was saat hendak puasa. Keraguan apakah bisa berpuasa hingga tuntas kerap menghantui.

Sebenarnya, usia bukan jadi penghalang untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Kesalahan pola pikir masyarakat yang membuatnya sering terjadi.

Konsultan Geriatri, Dr. Eddy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger, FINASIM mengatakan, banyak yang masih berpikiran bahwa orang yang sudah berusia lanjut tidak sanggup untuk puasa.

"Nek, kalau tidak kuat tidak usah dipaksakan puasanya. Kalimat ini sering terlontar, padahal puasa justru menyehatkan untuk orang-orang yang berusia lanjut yang memang kondisi fisik masih bugar," ujarnya di sela-sela Simposium Mini dengan tema `Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa dengan Sehat Fisik dan Jasmani`, Selasa (11/6/2013).

Orang-orang berusia lanjut termasuk ke dalam golongan orang yang diberi kelapangan dan kemudahan dalam berpuasa di Bulan Ramadan. "Kakek dan Nenek termasuk golongan yang dilapangkan dan dimudahkan dalam puasa, namun bukan berarti tidak boleh menjalankan puasa," jelasnya.

Menurut penelitian berpuasa memiliki manfaat dan pengaruh yang baik untuk orang-orang berusia lanjut. Manfaatnya antara lain berpengaruh terhadap fungsi ginjal, profil lemak dan radikal bebas.

"Orang-orang yang berusia lanjut banyak mendapat manfaat dan berpengaruh baik terhadap fungsi ginjal, lemak, dan radikal bebas," paparnya.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini