Sukses

Orang Batak Karo Anggap Wanita Seksi dan Cantik Itu Berkaki Besar

Jika di seluruh dunia para wanita berlomba memiliki kaki yang kecil untuk terlihat lebih seksi. Ternyata tidak begitu di Indonesia.

Jika sebelumnya di seluruh dunia para wanita berlomba memiliki kaki yang kecil untuk terlihat lebih seksi. Ternyata tidak begitu di Indonesia.

Indonesia memang dikenal memiliki banyak suku. Salah satu suku yang hidup di Sumatera bagian utara di Indonesia sangat unik.

Sebuah penelitian yang dikutip EverydayHealth, Senin (10/6/2013) ini mengungkapkan bahwa masyarakat Batak Karo yang tinggal di desa-desa di bagian utara Pulau Sumatera Indonesia, menganggap perempuan berkaki besar lebih menarik.

Kecantikan di sana menurut peneliti seperti sudah terprogram dalam DNA manusia. "Pengaruh budaya dan sosial dianggap memiliki peranan kuat," kata salah seorang antropolog dari University of Washington Geoff Kushnick.

Geoff dan timnya percaya bahwa suku Batak Karo memiliki kaki besar karena budaya dalam pertaniannya. Suatu ketika,  Geoff mendengar pemuda di sana bertanya seperti ini: "Mengapa ada orang yang menyukai wanita dengan kaki kecil? Bagaimana dia akan bekerja di sawah?".

"Para pria dan wanita dewasa yang berpartisipasi dalam studi ini menilai bahwa wanita dengan kaki terbesarlah yang paling menarik," jelas Geoff.

Ia heran, karena hal ini sangat kontras dengan preferensi umum bahwa kaki pada wanita seharusnya lebih kecil dibanding pria. Dan anggapan kaki kecil berarti cantik ini masih diterapkan di negara-negara seperti Iran, Lithuania, Brasil, Amerika Serikat dan India.

"Namun para peneliti mencatat bahwa orang-orang di Kamboja, Papua Nugini, dan Tanzania juga lebih memilih wanita dengan ukuran sepatu yang lebih besar," tulis Geoff dalam jurnal Human Nature.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini