Sukses

Makanan yang Bikin Anda Tetap Kelaparan

Lapar masih saja terasa walaupun sudah mengonsumsi sesuatu. Beberapa makanan ini justru membuat perut lapar terus.

Rasa lapar terkadang masih saja hinggap di pikiran walaupun sudah mengonsumsi sesuatu. Ada beberapa makanan yang justru membuat perut masih terasa lapar. Faktanya banyak juga makanan yang tidak mengalami proses pengolahan yang baik.

Hal ini membuat kepadatan kandungan nutrisi berkurang pada saat pengolahannya dilansir Care2, Senin (10/6/2013). Makanan dengan kandungan zat adiktif membuat seseorang sulit berhenti untuk terus mengonsumsinya. Berkurangnya nutrisi membuat makanan menjadi sia-sia saat masuk ke dalam perut.

Berikut makanan yang perlu dihindari agar perut tidak selalu merasa lapar, yaitu:

1. Permen Karet

Mengunyah permen karet merangsang cairan lambung dan memproduksi air liur. Menurut situs Faddiets yang dilansir Care2, air liur yang diproduksi saat mengunyah turun ke perut dan perut tidak merespons baik dan tidak mencerna makanan sehingga membuat perut terus merasa lapar.

2. Soda

Walaupun label pada kemasan soda terdapat tulisan diet atau bebas gula, jangan mudah tertipu. Studi membuktikan soda tersebut tetap membuat lapar.

"Pemanis buatan dapat memiliki efek memicu nafsu makan tetapi tidak seperti gula biasa mereka tidak memberikan sesuatu yang akan memadamkan nafsu makan," kata Peneliti obesitas di UT Health Science Center di San Diego, Sharon Fowler. Menurut Fowler, pemanis bisa menghambat sel-sel otak yang membuat Anda merasa kenyang.

3. Makanan Beku

Memilih makanan beku saat makan malam itu keliru. Makanan ini tidak memiliki cukup kalori untuk mengisi perut. Sebaiknya memilih makanan yang cukup serat, khususnya, buah-buahan dan sayuran segar untuk memanjakan perut.

Makanan beku ini pengolahannya menghabiskan kandungan nutrisi, tidak slaah untuk lebih memilih makan dengan salad atau memotong sendiri buah-buahan untuk dikonsumsi.

4. Kue

Gula putih dan tepung pada kue tidak memiliki serat atau nutrisi. Makanan ini membuat perut terus merasa lapar. Pilih kue yang dipanggang dengan biji-bijian dan sedikit kandungan gula.

5. Sarapan Manis

Membiasakan sarapan dengan makanan yang protein yang minim kandungan gulanya. Makanan organik di toko-toko dapat dijadikan pilihan terbaik untuk sarapan. Pertimbangkan oat dengan buah, madu, selai kacang, dan santan mungkin ini bukan cara yang baik untuk memulai hari.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini