Sukses

Awas, Jangan Cuci Piring dan Mandi Saat Ada Petir, Bahaya!

Perubahan iklim yang tidak menentu saat ini terjadi di seluruh dunia. Di beberapa negara, intensitas hujan dan petir masih tinggi termasuk Indonesia. Mencuci piring, mandi ternyata merupakan aktivitas yang harus dihindari saat ada petir.

Dikutip dari NewsHealth, Senin (10/6/2013) setiap tahun, puluhan orang tewas akibat sambaran petir di Amerika Serikat. Dan menurut National Weather Service, bagian dari US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan bahwa ada beberapa tempat aman saat petir datang.

"Tempat yang aman saat ada petir mencakup bangunan, mobil, truk, dan bus. Dan daftar tempat tidak aman saat ada petir seperti halte, lapangan terbuka, dan bahkan garasi terbuka,"jelas Katie Walsh, pimpinan athletic training education at East Carolina University in Greenville, N.C.

Menurut Walsh, saat ini banyak orang-orang berpikir jika dirinya tidak basah, petir tidak bisa menyerang. Padahal jika Anda berada di luar ruangan terbuka, Anda akan berisiko terkena sambaran petir," kata Walsh.

Setelah Anda berada di dalam ruangan, jauhi jendela dan pintu serta dari apa pun yang memiliki koneksi langsung ke pipa.

"Jangan ada aktivitas mencuci piring atau mandi. Berbicara di telepon tanpa kabel boleh saja. Kemudian jika Anda berada di mobil, untuk tetap aman jangan menyentuh pintu atau bahan logam di mobil Anda. Selain itu, hindari menyentuh kaca depan jika ada antena mobil dan matikan radio,"jelasnya.

Walsh menambahkan, jika Anda berada di luar ruangan dan tidak dapat menemukan tempat berlindung yang aman, carilah tempat yang terdapat pohon-pohon pendek, tapi jaga jarak dari pohon.

"Hindari diri Anda dari objek tertinggi di daerah dekat Anda. Jika Anda berada di kolam renang atau di pantai, carilah perlindungan. Dan, jangan pergi ke luar atau masuk ke dalam air lagi sampai setidaknya 30 menit setelah kilat petir muncul,"tegasnya.

Jika Anda belum mampu menemukan tempat perlindungan yang layak dan tiba-tiba merasa rambut Anda berdiri, yang dianjurkan adalah berjongkok serendah mungkin. Anda boleh duduk sambil metutup telinga Anda dengan tangan dan letakkan kepala Anda di antara lutut Anda untuk membuat diri serendah mungkin.

"Petir dapat menghentikan jantung Anda. Dan masalah lainnya bisa menyebabkan patah tulang, drum telinga pecah dan gegar otak," kata Walsh.

(Fit/Abd)

    Artikel Selanjutnya
    Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
    Artikel Selanjutnya
    Meski Jarang Mandi, Pastikan Bagian Tubuh Ini Selalu Bersih