Sukses

[VIDEO] Bayi Kembar Siam Perut Banyuwangi Segera Dipisahkan

Bayi kembar siam dempet perut dari Banyuwangi, Jawa Timur, akan menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Bayi kembar siam dempet perut dari Banyuwangi, Jawa Timur, akan menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur. Salah satu bayi itu ternyata menderita kelainan jantung.

Kedua bayi cantik bernama Nurul Anindya dan Rahma Anindya sudah dirawat selama empat bulan di rumah sakit Al-huda, Banyuwangi, dan kini kondisinya sudah membaik. Berat keduanya mencapai 6,2 kilogram (Kg) membuat bayi kembar itu dinilai sudah siap menjalani operasi pemisahan sehingga dirujuk ke RSUD Dr Soetomo.

Sang bunda Sika Jayanti bersyukur kedua buah hatinya semakin membaik. "Ada Kelainan jantung. Alhamdullillah sudah sehat," kata Sika dalam tayangan Liputan 6 Siang, Jumat (7/6/2013).

Setelah menempuh perjalanan enam jam, bayi kembar siam menjalani pemeriksaan di RSUD Dr Soetomo, Surabaya. Meski salah satu bayi menderita kelainan jantung, tim dokter RSUD Dr Sutomo yakin bisa menangani keduanya. Soalnya, kebocoran pada jantung Rahma Anindya tidak seperti bayi kembar siam asal Ponorogo yang pernah ditanganinya.

"Ini bersifat primer, artinya tidak membahayakan," kata Ketua Tim Dokter Kembar Siam dr Agus Harianto SpA (K).

dr Agus menjelaskan, tim dokter akan melakukan persiapan yang matang dalam mengoperasi bayi kembar siam itu . Tim dokter akan berupaya menstabilkan kedua bayi agar bisa bertahan hidup setelah operasi pemisahan.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.