Sukses

Pria Berwajah Lebar Biasanya Bakal Sukses Berkarir

Penelitian itu berpikir pria yang wajahnya lebar, lawan dari panjang, memiliki kadar testosteron yang tinggi.

Kesuksesan pria bisa terlihat dari wajahnya. Sebuah penelitian mengungkapkan pria yang berwajah lebar cenderung lebih sukses. Penelitian itu berpikir pria yang wajahnya lebar, lawan dari panjang, memiliki kadar testosteron yang tinggi. Hormon ini sebagai bahan bakar untuk membakar semangat dan dominasi.

Teori ini membantu menjelaskan, kesuksesan seperti pendiri easyJet Stelios Haji-loannou, bos iklan raksasa WPP Sir Martin Sorrell, yang menjadi salah satu bos di Inggris dengan bayaran tertinggi. Ia memiliki wajah yang menandakan keberhasilan.

Para peneliti di Sussex University menunjukkan, 30 foto pria dan wanita pengusaha yang memimpin beberapa perusahaan yang sukses. Seperti dikutip Dailymail, Jumat (7/6/2013), para relawan juga dilihatkan gambar akademisi yang usianya sama dan menanyakan kesan pertama melihat foto-foto tersebut.

Para pengusaha, yang semuanya merupakan CEO dari perusahaan FTSE 100, cenderung dinilai sebagai orang yang sukses dan dominan. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam laporan British Journal of Psychology.

Pengukuran wajah dilihat dari tulang pipi ke tulang pipi dan dari alis ke atas bibir yang menunjukkan pria ini cenderung memiliki wajah lebar. Wajah tersebut memicu pandangan, pria ini memiliki kepribadian yang macho, karena testosteron membantu membentuk wajah selama masa pubertas. Ini berarti, wajah lebar mungkin menjadi penanda pria itu haus akan kesuksesan.

Peneliti Profesor Jamie Ward mengatakan, mungkin pria berwajah lebar berhasil karena orang lain melihat orang-orang ini sebagai pemimpin. Namun, Profesor Ward percaya pria terdorong dengan sendirinya untuk menjadi orang yang sukses.

Pada penelitian sebelumnya, pria dengan wajah lebar dikatakan lebih agresif dan lebih licik dibanding yang lainnya.

Tak hanya kesuksesan, wajah pria juga bisa menjadi petunjuk kesetiaannya. Rekan yang curang jika memperlihatkan fitur wajah yang maskulin klasik, seperti rahang yang lebar dan bersudut, dagu persegi serta alis menonjol.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.