Sukses

Makanan Penurun Tensi yang Meninggi

Untuk menghindari hipertensi memang cara paling mudah adalah menghindari garam. Tapi itu saja tidak cukup. Seseorang dengan tekanan darah tinggi membutuhkan lebih banyak nutrisi dan kalium, kalsium, serat, fitokimia dan lemak omega 3.

Cara termudah hindari hipertensi adalah dengan mengurangi garam. Tapi itu saja tidak cukup. Seseorang dengan tekanan darah tinggi membutuhkan lebih banyak nutrisi dan kalium, kalsium, serat, fitokimia dan lemak omega 3.

Dengan demikian, mengontrol makan dan perubahan gaya hidup sangat penting dalam pengobatan yang efektif tekanan darah tinggi.

Di bawah ini ada lima cara mudah diet sehat seimbang yang bisa menurunkan tensi darah yang tinggi, seperti dikutip TimesofIndia, Rabu (5/6/2013):

Kalium

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi secara teratur makanan yang kaya kalium dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Coba masukkan sumber potasium yang baik ke dalam daftar diet Anda, termasuk buah-buahan dan sayuran seperti kentang, bayam, tomat, pisang, jeruk dan buah-buahan kering.

Kalsium

Kalsium diperlukan untuk kontraksi dan relaksasi otot-otot jantung, sehingga kalsium sangat penting untuk memerangi hipertensi. Kalsium terdapat di susu rendah lemak, yoghurt, sayuran berdaun hijau, almond, biji wijen dan tahu.

Serat

Serat tinggi juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan yang banayk serat seperti seluruh sereal dan kacang-kacangan, kacang polong, kedelai, buah-buahan dan sayuran, gandum, dan sebagainya.

Omega-3

Minyak kaya omega 3 juga telah diakui memiliki manfaat kesehatan yang besar. Sumber yang baik dari omega 3 ini termasuk minyak ikan, minyak mustard, kenari, gandum, biji rami, biji chia, biji methi, dan kedelai.

Magnesium

Kekurangan magnesium menyebabkan rendahnya tingkat kalsium dan potasium dalam darah. Hal ini membuat magnesium merupakan bagian penting dari diet selama hipertensi. Konsumsi seluruh biji-bijian, kacang-kacangan,  bayam, roti gandum, kacang-kacangan dan tahu yang diketahui sumber baik dari magnesium.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.