Sukses

[VIDEO] Baru 5 Tahun, Sophia Sudah Baca 875 Buku

Kebanyakan orang hanya sanggup membaca 10 buku per tahun. Hal seperti ini tidak berlaku bagi Sophia Moss. Pasalnya, Sophia mampu membaca 875 buku untuk 1 tahun ajaran.

Jika dihitung, tidak lebih dari 20 buku dibaca oleh orang dewasa tiap tahunnya. Tapi, hal seperti ini tidak berlaku bagi gadis cilik berusia 5 tahun, Sophia Moss. Pasalnya, Sophia mampu membaca 875 buku untuk 1 tahun ajaran.

Menurut penjaga perpustakaan di TS Cooely Elementary Magnet School di Lake Charles, Los Angeles, Amerika Serikat, Sophia merupakan sosok murid yang tidak pernah bosan menghabiskan waktunya untuk membaca buku. Itu semua terbukti, dari rajinnya Sophia untuk mampir di perpustakaan dan membaca 1-5 buku per harinya.

"Saya berkata kepada Sophia, kita akan memesan banyak buku untuk diletakkan di perpustakaan. Semua itu dilakukan, karena melihat Sophia begitu menikmati banyak buku di situ," ujar pustakawan sekolah, Mary Lanier, seperti dikutip abcnews, Senin (3/6/2013).

Ayah Sophia, Carl Moss (53), mengatakan, hobi anaknya membacanya buku tersebut dimulai ketika dia membaca buku Elmo. Pada saat itu, dengan cepat berkembang menjadi sebuah obsesi penuh untuk selalu membaca buku.

"Kemudian kami memiliki DVD Hooked on Phonics dan dia menyukainya, dan mulai menontonnya pada usia 2,5 tahun," kata Moss.

Moss yang sangat mencintai anaknya ini senatiasa mendorong putrinya untuk senantiasa membaca buku. Bahkan, setiap hari sebelum anaknya pergi ke sekolah, Moss selalu memberikan Sophia 2-3 jenis buku untuk dibacanya.

Lalu, Moss mengatakan kalau pihak perpustakaan sangat baik kepada anaknya. Pasalnya, perpustakaan selalu mengizinkan Sophia untuk membawa pulang banyak buku dari tempatnya itu.

"Saya hanya suka membaca," kata Sophia. "Membaca membuat saya senang," tambahnya.

Yang menjadi favorit Sophia adalah buku seri Curious George, tetapi dia juga menikmati banyak buku lainnya juga.

Melihat kebiasaan anaknya itu, ayahnya sudah memiliki harapan tinggi untuk anaknya tersebut.

"Aku ingin dia jadi pengacara," pungkas Moss.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.