Sukses

Lakukan Perubahan Kecil untuk Berhenti Merokok

Memilih untuk berhenti merokok memang tidak mudah. Mulailah melakukan perubahan kecil dalam gaya hidup untuk menahan godaan membakar satu batang rokok.

Memilih untuk berhenti merokok memang tidak mudah. Mulailah melakukan perubahan kecil dalam gaya hidup untuk menahan godaan membakar satu batang rokok demi mendapat hasil yang besar manfaatnya.

Seperti dikutip dari nhs, Kamis (30/5/2013), berikut perubahan kecil tersebut yaitu:

1. Berpikir Positif

Pemikiran positif dapat berdampak baik untuk kesehatan, memang tidak mudah tapi mulailah berkata tidak saat timbul rasa ingin merokok. Yakinkan diri sendiri untuk benar-benar berhenti merokok.

2. Diet

Merokok setelah makan untuk sebagian orang menjadi hal, namun kebiasaan ini yang patut diubah. Sebuah studi baru Amerika mengungkapkan bahwa beberapa makanan termasuk daging yang membuat seseorang memilih rokok setelah makan. Sebaiknya mengganti dengan buah, sayuran sebagai penutup makan.

3. Minuman Sehat

Minuman bersoda, alkohol, teh dan kopi semua membuat rokok terasa lebih enak. Jadi, ketika saat makan di luar, sebaiknya pilih air mineral dan jus. Beberapa orang menemukan bahwa hanya mengubah minuman dapat mengurangi kebutuhan untuk merokok (misalnya, beralih dari vodka ke jus tomat).

4. Cari Kesibukan

Menghilangkan keinginan merokok memang hanya bertahan selama lima menit, sebelum menyerah coba buat strategi untuk menghindari keinginan merokok. Misal cari kesibukan saat pikiran benar-benar meninginkan rokok. Kombinasi merokok dan minum minuman dapat meningkatkan resiko kanker sebesar 38 persen.

5. Dukungan atau Support

Hal ini sangat penting, dukungan atau support dari orang terdekat dari keluarga atau pasangan dapat membantu mengurangi keinginan merokok. Support yang positif dapat membantu sesorang untuk tetap bertahan dan melanjutkan keinginan untuk berhenti merokok.

6. Tahan Godaan

Terapi pengganti nikotin (NRT) dapat membuat seseorang dua kali lebih mungkin untuk berhasil berhenti merokok. Buat tangan dan mulut sibuk misalnya jika tangan kerap memegang rokok mulailah menyibukan tangan dengan menggunakan sedotan atau tangan, dan buat mulut sibuk dengan camilan sehat agar terhindar dari godaan merokok.

7. Buat Daftar Alasan Untuk Berhenti

Mantan perokok Chris, 28, mengatakan, "Aku membawa foto atau gambar bayi perempuan saya ketika pergi ke luar, saat mulai tergoda dengan rokok saat melihat foto itu dan ini membantu."

Lingkungan dan keluarga sangat membantu untuk seseorang yang berkeinginan untuk berhenti merokok, namun dukungan terbesar berasal dari diri sendiri.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.