Sukses

Saat ke Afrika, Hati-hati 9 Penyakit yang Kerap Menular

Zaenal Nurrizki (23), putra bungsu Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, meninggal dunia usai mengalami demam tinggi selama dua hari. Sebenarnya apa penyakit yang diderita Zaenal dan penyakit apa yang sering menular di Afrika?

Zaenal Nurrizki (23), putra bungsu Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, meninggal dunia usai mengalami demam tinggi selama dua hari. Dan demam itu ternyata juga dialami sepertiga penghuni asrama putra yang ditempatinya. Hingga kini belum ada keterangan resmi penyebab penyakit Zaenal yang membuatnya mengalami demam tinggi.

Di Afrika Selatan ada sejumlah masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Risiko untuk masing-masing wisawatan bervariasi tergantung lokasi tertentu, kunjungan durasi, jenis kegiatan, akomodasi, lamanya menetap, dan faktor lainnya.

Berikut sejumlah penyakit yang umumnya menular di Afrika Selatan berdasarkan beberapa kategori seperti dikutip dari indexmundi, Senin (3/6/2013) :

Melalui makanan atau minuman


1. Hepatitis A

Penyakit dari virus yang mengganggu fungsi hati itu menyebar melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan tinja, terutama di bidang yang sanitasinya buruk. Korban akan mengalami demam, penyakit kuning dan diare. 15 Persen korban mengalami gejala berkepanjangan lebih dari 6-9 bulan. Vaksin untuk penyakit ini sudah tersedia.

2. Hepatitis E


Penyakit virus yang ditularkan melalui air mengganggu fungsi hati, paling sering menyebar melalui kontaminasi tinja di air minum. Korban pengalami kuning, kelelahan, sakit perut, dan urine berwarna gelap.

3. Demam tifoid


Penyakit bakteri ini menyebar melalui kontak dengan makanan atau air yang terkontaminasi oleh tinja atau limbah. Korban menunjukkan demam tinggi dan jika tidak diobati angka kematiannya bisa mencapai 20 persen.

Melalui gigitan arthropoda terinfeksi


1. Malaria


Ini disebabkan sel parasit protoza Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina.

Parasit berkembang biak dalam hati menyerang sel-sel darah merah yang mengakibatkan siklus demam, menggigil, dan berkeringat disertai dengan anemia.

Kematian akibat kerusakan ke organ vital dan gangguan suplai darah ke otak. Negara dengan 90% kasus mayoritas 1,5-2.500.000 kematian per tahunnya dan diperkirakan terjadi di Afrika sub-Sahara.

2. Demam berdarah


Penyakit virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Biasanya penderita mengalami demam mendadak dan sakit kepala parah, kadang-kadang menghasilkan shock dan perdarahan yang menyebabkan kematian pada 5% kasus.

3. Demam kuning


Penyakit virus yang ditularkan nyamuk, keparahan berkisar dari gejala influenza seperti hepatitis parah dan demam berdarah. Ini hanya terjadi di daerah tropis.

4. African trypanosomiasis


Disebabkan oleh protozoa parasit Trypanosoma, ditularkan kepada manusia melalui gigitan lalat Tsetse pengisap darah. Infeksi menyebabkan malaise dan demam tidak teratur dan ketika parasit yang menyerang sistem saraf pusat, pasien bisa koma dan menyebabkan kematian. Penyakit ini jadi endemik di 36 negara di Afrika.

5. Krimea-Kongo dengue


Penyakit virus tick-borne, infeksi bisa juga akibat darah terinfeksi atau jaringan hewan. Penyebaran termasuk di Afrika, Asia, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Pasien tiba-tiba mengalami demam, sakit kepala, dan nyeri otot yang diikuti dengan pendarahan di perut, urine, hidung, dan gusi. Angka kematian sekitar 30%.

6. Demam Rift Valley


Penyakit virus yang mempengaruhi hewan peliharaan dan manusia. Penularan melalui nyamuk dan gigitan serangga. Infeksi juga dapat terjadi melalui dari daging yang terinfeksi atau kontak dengan darah. Penyebaran termasuk di Afrika timur dan selatan.

Gejala umumnya demam dan beberapa kelainan hati, tetapi penyakit ini dapat berkembang menjadi demam berdarah, radang otak, atau penyakit mata, tingkat kematian yang rendah sekitar 1% kasus.

7. Demam Lassa


Penyakit virus yang dibawa tikus dan banyak diderita di Afrika Barat. Infeksi ini melalui kontak langsung atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh hewan pengerat atau kotoran yang mengandung partikel virus. Tingkat kematiannya bisa mencapai 50 persen.

8. Meningitis meningokokus

Penyakit bakteri yang menyebabkan peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Salah satu bakteri patogen yang paling penting adalah Neisseria meningitidis karena potensinya untuk menimbulkan epidemi, gejala termasuk leher kaku, demam tinggi, sakit kepala, dan muntah.

Bakteri ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan dan difasilitasi oleh kontak dekat dan berkepanjangan.

Kematian terjadi pada 5-15% kasus, biasanya dalam waktu 24-48 jam sejak timbulnya gejala. Penyakit meningokokus terjadi di daerah hiperendemis Afrika sub-Sahara yang dikenal sebagai "Sabuk Meningitis" yang membentang dari Senegal timur ke Etiopia.

9. Chikungunya - nyamuk (Aedes aegypti)


penyakit virus yang berhubungan dengan lingkungan perkotaan, mirip dengan Demam Dengue, ditandai dengan demam mendadak, ruam, dan nyeri sendi yang parah biasanya berlangsung 3-7 hari, beberapa kasus mengakibatkan arthritis persisten.
(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.