by Melly Febrida

Buah Zakar Gatal-gatal, Segera Cuci dengan Air Hangat

  • Seks
  • 0
  • 27 Mei 2013 22:00
Organ genital baik itu pria dan wanita paling sensitif. Kelembaban yang tinggi bisa menyebabkan gatal-gatal. Seperti yang dialami John, skrotumnya (buah zakar) menjadi gatal-gatal. Jika seperti itu, segera cuci dengan air hangat.

"Apakah saya mengalami infeksi menular seks dan jika demikian, apakah itu bisa disembuhkan," ujar John seperti dikutip NewVision, Senin (27/5/2013).

Menurut dokter di NewVision, gatal di daerah skrotum bisa karena keringat berlebihan di sekitarnya. Kondisi itu yang bisa menyebabkan infeksi bakteri yang ringan.

"Bakteri berkembang di daerah lembab seperti skrotum. Tingkat kelembaban menjadi meningkat, menyebabkan infeksi bakteri atau jamur, sehingg gatal-gatal," ujar dokter.

Jika pria mengalami gatal-gatal, biasanya dokter akan menganalisa sifat infeksi dengan meresepkan obat. Namun, menjaga kebersihan di daerah pribadi jauh lebih penting.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pria jika skrotumnya gatal-gatal:
  1. Cuci lokasi itu dengan air hangat dan disinfektan ringan
  2. Pastikan daerah skrotum kering
  3. Kenakan pakaian longgar dan berbahan katun yang memungkinkan alat kelamin bisa bernapas
  4. Cegah kelembaban yang bisa mengembangkan pertumbuhan bakteri atau jamur.
"Jika gatal terus berlanjut setelah mencoba langkah pencegahan, berkonsultasilah dengan dokter kulit, karena itu bisa menjadi gejala kondisi yang lebih serius seperti eksim," ujarnya.

(Mel/*) (Igw)
Comments
Sign in to post a comment