Sukses

Di Indramayu, dari 8 Puskesmas, Tak Satupun Dokter Tersedia

Kabupaten Indramayu masih memerlukan banyak dokter untuk bisa meningkatkan mutu dan pelayanan puskesmas dan rumah sakit di Indramayu.

Kabupaten Indramayu masih memerlukan banyak dokter untuk bisa meningkatkan mutu dan pelayanan puskesmas dan rumah sakit di Indramayu.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dr. H. Dedi Rohendi, MARS, prevalensinya jika di Papua butuh tiga dokter di satu rumah sakit maka di Indramayu dari delapan puskesmas tidak tersedia dokter.

"Ini mungkin yang membuat masyarakat terkadang sulit atau mencari rumah sakit di luar Indramayu," ujar Dedi yang ditemui di Kantor Bupati Indramayu dan ditulis Selasa (21/5/2013).

Untuk mengatasi hal ini, Dedi menyampaikan bahwa selama ini petugas kesehatan akan memberikan surat tugas ke puskesmas terdekat. "Hal ini sudah berjalan kira-kira dua tahun. Ada dokter yang sudah menetap di Indramayu, tapi kebanyakan nanti disekolahkan. Jadi puskesmas terdekat yang meng-cover,"tambah Dedi.

Padahal Dedi berharap pelayanan kesehatan bisa meng-cover hampir 50 persen penduduk miskin di Indramayu, dari total penduduk tahun 2012 sekitar 1,7 juta jiwa. "Saat ini jumlah rumah sakit di Indramayu hanya 2 RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) dan total puskesmas ada 49," tambahnya.

(Fit/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini