Sukses

Orangtua Juga Sebabkan Anak Menjadi Nakal

Anak yang gemar membuat onar dan menyakiti biasanya karena pola asuh. Mereka b

Anak-anak yang memilih masuk atau membentuk sebuah geng bersama teman-temannya dan melakukan tindakan yang tidak mengenakkan misalnya membuat keonaran dan menyakiti orang lain, biasanya dinilai punya masalah psikis.

Psikolog anak, Roslina Verauli, M. Psi, menilai, anak yang seperti ini dinilai memiliki gangguan perilaku (conduct disorder) atau anak nakal.

"Anak seperti ini suka melanggar aturan, suka dengan keonaran, jadi memang anak ini memiliki problem," kata Roslina, di Jakarta, Kamis (16/5/2013)

Anak seperti ini tidak terlahir nakal, akan tetapi memang memiliki masalah psikologis.

Kelakukan ini pada umumnya munculnya akibat cara asuh orangtuanya.  Lalu, dilihat dari karakternya ada anak yang memiliki faktor risiko.

"Temperamennya sukar diatasi, kecerdasannya kurang berkembang, makanya membuat anak menjadi seperti ini," terangnya.

Yang terakhir, tambah Roslina adalah faktor lingkungan. Lingkungannya berisiko atau tidak, seperti orangtua tidak memiliki kontrol, pendidikan rendah, teman di kiri dan kanan adalah anak geng semua.

"Faktor risiko intinya macam-macam. Lingkungannya, individu, keluarga, dan pemerintah juga," tandasnya.

(Adt/Abd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini