Sukses

Paling Lama 6 Jam Setelah Dipotong, Penis Bisa Disambung Lagi

Nahas dialami Muhyi, penisnya dipotong waria. Bisa disambung lagi, tapi tidak boleh lebih dari enam jam setelah terpotong

Abdul Muhyi (22), warga Bojongsari, Depok, Jawa Barat benar-benar menderita luar dalam. Penis yang menjadi senjatanya dipotong. Kelamin Muhyi dipotong seorang waria di ruas Jalur Gas sekitar Universitas Pamulang, tak jauh dari Polsek Pamulang, Tangerang Selatan. Peristiwa nahas itu terjadi pada Selasa (14/5/2013) dini hari. Polisi hingga kini masih menyelidiki kasus tersebut.

Menurut Urologis di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM), Dr Ponco Birowo SpU PhD, kelamin yang dipotong bisa disambung lagi asal kurang dari enam jam.

"Disambung lagi bisa cuma lebih susah karena pembuluh darahnya itu kecil-kecil," ujar Dr Ponco saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (15/5/2013).

Umumnya, potongan penis yang dibiarkan selama 2 jam tanpa perlakuan khusus akan membusuk dengan sendirinya. Apalagi jika sudah lebih dari 6 jam.

Penyambungan bisa dilakukan dengan syarat-syarat."Suhunya khusus, harus dingin 4 derajat Celsius, dan dimasukkan dengan cairan khusus, baru bisa bertahan 6-7 jam," jelas dokter yang juga bepraktik di RS Asri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Dr Ponco menyarankan, untuk kasus organ tubuh yang terpotong, tak hanya penis, jika ingin menyambungnya lagi segera masukkan potongan itu ke kantong bersih berisi es. "Tapi jangan lebih dari enam jam," ujar Ponco.

Jika sudah melebih batas waktu itu, proses penyambungan akan sulit dilakukan. Tim medis kemungkinan hanya bisa merapikan penis yang tersisa.

(Mel/Abd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.