Mau Jadi Anggota Kopassus, Wanita Harus Ikuti Tes Keperawanan

  • Info Sehat
  • 0
  • 14 Mei 2013 17:30

kopassus-130513b.jpg
Karena dinilai kuat, berani, dan hebat, orang berpikir bahwa Komando Pasukan Khusus (Kopassus) hanya cocok untuk kaum pria. Tapi, siapa yang menyangka banyak wanita yang mendaftarkan diri menjadi anggota tentara elit milik negara Republik Indonesia ini.

Dan, ternyata tidak mudah bagi seorang wanita untuk menjadi seorang Kopassus. Tidak cukup bermodalkan pintar saja, seorang wanita harus rela mengikuti segelintir tes yang pastinya cukup menguras waktu dan tenaga.

Menurut salah seorang anggota Kopassus wanita, Lettu Caj (K) Rosida, yang ditemui di Markas Kopassus, Jakarta Timur, wanita harus melalui banyak tes yang dinilai cukup berat. Mulai dari psikotes, tes kesehatan, sampai yang bikin seorang wanita risih, tes keperawanan.

"Semua kemampuannya dilihat. Hasil psikotes, olahraga, dan kesehatan semuanya dilihat dari situ. Termasuk tes keperawanan," kata Rosida kepada Liputan6.com, Selasa (14/5/2013).

Rosida menunurkan, memang benar ada tes keperawanan bagi seorang wanita apabila dirinya ingin masuk menjadi anggota Kopassus. Dan tentunya, semua itu dilakukan atas prosedur yang sudah ada.

"Kalau untuk menjadi KOAT (Komando Wanita Angkatan Darat) TNI sebelum masuk harus tes keperawanan. Itu sudah persyaratan," ujarnya.

Tapi tenang, yang memeriksakan keperawanan tersebut bukanlah dokter pria, tetapi dokter wanita. Memang bisa ya keperawanan diperiksa?

(Adt/Abd/*)

Credit: Abd

Terpopuler