Angelina Jolie Angkat 2 Payudaranya Karena Berisiko Kanker

on

Angelina Jolie memutuskan melakukan mastektomi ganda untuk mengurangi risiko kanker payudara. Keputusannya itu diambil demi anak-anaknya.

Maklum, setelah tes dokter bilang 87 persen ia berisiko menderita kanker payudara. Pada tes tersebut ditunjukkan, Jolie adalah pembawa gen kanker BRCA1.  Usai menjalani prosedur mastektomi ganda, risiko kanker payudara menurun hingga 5 persen.

Ibu Jolie, Marcheline Bertrand, meninggal pada usia 56 tahun akibat kanker ovarium pada Januari 2007. Jolie menyadari ia berpeluang menderita kanker rahim sebanyak 50 persen.

Hanya sebagian kecil dari kanker payudara yang merupakan mutasi gen yang diturunkan. Wanita dengan BRCA1 cacat memiliki risiko menderita penyakit ini hingga 65 persen.

"Dokter memperkirakan saya 87 persen berisiko kena kanker payudara dan 50 persen kanker ovarium," tulis wanita berusia 37 tahun itu dalam Editorial New York Times dan dikutip Dailymail, Selasa (14/5/2013).

"Setelah saya tahu ini, saya memutuskan proaktif dan meminimalkan risiko sebanyak mungkin. Saya membuat keputusan untuk melakukan mastektomi ganda preventif," tambahnya.

Menurut kekasih Brad Pitt ini, ia memulai operasi payudara karena risikonya lebih besar dibanding ovarium.

"Saya ingin menulis ini untuk memberitahu wanita lain kalau keputusan melakukan mastektomi tidak mudah," tulisnya.

"Tapi saya senang telah melakukannya," katanya.

"Untuk setiap wanita yang membaca ini, saya berharap bisa membantu Anda untuk membuat pilihan. Saya ingin mendorong setiap wanita, terutama jika memiliki riwayat keluarga kanker payudara atau ovarium untuk mencari informasi dari ahli medis yang bisa membantu Anda melaluinya".

Apa itu mastektomi?

Mastektomi preventif merupakan operasi pengangkatan satu atau kedua payudara. Ini dilakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Pada mastektomi total, dokter akan mengangkat seluruh payudara dan putingnya. Sedangkan pada mastektomi subkutan, dokter mengangkat jaringan payudara tapi meninggalkan yang utuh.

Kronologi mastektomi Jolie

2 Februari 2013 - Angelina melalui perawatan selama tiga bulan sebelum menjalani mastektomi ganda preventif.

16 Februari - Aktris itu menjalani operasi besar. Operasi berlangsung delapan jam yang dengan mengangkat jaringan payudara sebelum diisi kembali.

4 April - Angelina menghadiri Women World Summit di New York demi mencari penambah semangat.

11 April - Angelina bersama William Hague muncul di KTT G8 di London

20 April - Payudara Angelina direkonstruksi dengan implan.

27 April - Ibu enam anak itu menyelesaikan proses medis. Dia mengatakan bahwa operasi itu sukses dan peluang terkena kanker payudara kini telah berkurang dari 87 persen menjadi kurang dari 5 persen.

"Pada tanggal 27 April saya selesai melalui prosedur medis selama tiga bulan dalam mastektomi

14 Mei 2013 - Angelina mengungkapkan keputusannya dalam sebuah editorial yang diterbitkan di surat kabar New York Times. 

(Mel/Igw/*)
Suka artikel ini?
Melly Febrida
Melly Febrida

  Full bio »

0 Comments