Makanan Para Pria, Baik untuk Kesehatan Prostat

  • Info Sehat
  • 0
  • 11 Mei 2013 12:00

makanan-prostat-130511b.jpg
Kanker prostat merupakan penyakit khas dari kaum pria, apalagi yang berusia di atas 50 tahun. Menurut banyak penelitian, kanker ini disebabkan salah satunya oleh pola dan kebiaasaan makan.

Hingga saat ini, penyebab utama kanker prostat belum diketahui. Seperti ditulis Mohamad Harli, pengamat gizi masyarakat dan sumber daya keluarga dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di buku 'Makan Sehat Hidup Sehat', terdapat banyak penelitian untuk mengetahui penyebab kanker prostat.

"Dari 14 penelitian case control (melibatkan 3.000 penderita dan 4.600 pembanding) ada 11 penelitian, dan dari lima penelitian cohort (melibatkan sekitar 10.000 sampel yang diamati terus menerus) ada empat penelitian yang menunjukkan hubungan positif antara meningkatnya konsumsi lemak total, kegemukan (BMI tinggi), dan kebanyakan makan pada waktu dewasa muda, dengan tingginya kejadian kanker prostat di usia tua," tulisnya.
 
Untuk itu, Harli menyarankan para pria pada khususnya untuk mengonsumsi 5 makanan berikut ini untuk mencegah kanker prostat:

1. Bawang putih

Bawang putih bisa menghambat inisiasi dan perkembangan kanker prostat. Hasil penelitian Pinto pada 1997, senyawa sulfur turunan aliicin dalam bawang putih bisa mengganggu enzim ornithine dekarboksilase yang berperan dalam laju pertumbuhan sel tumor dan keganasan kanker.

2. Tomat

Warna khas tomat yang berwarna merah, berasal dari senyawa karotenoid likopen yang bisa menyehatkan organ prostat dan jantung.

3. Semangka

Semangka bukan cuma sumber air, tapi juga mengandung likopen terutama pada bagian merahnya. Bagian putihnya mengandung senyawa yang berperan menyehatkan ginjal, seperti mencegah dan menghacurkan batu ginjal.Jadi, kalau makan semangka jangan makan bagian merahnya saja, tapi bagian putihnya agar organ prostat dan ginjal tetap sehat.

4. Jambu biji 

Jambu biji yang berwarna pink di dalamnya, adalah sumber kalium, vitamin C, serat, dan vitamin A dan juga mengandung likopen. Buah ini baik untuk kesehatan prostat.

5. Jeruk bali

Jeruk bali juga memiliki kandungan yang sama. Bahkan jeruk ini terkenal karena termasuk buah antikanker yang sekaligus menyehatkan prostat. "perlu diingat kalau makanan ini hanya untuk mencegah. Jadi bukan untuk penobatan. Jika Anda sudah terlanjur terkena kanker prostat, saya anjurkan untuk berobat ke dokter ahli," tambahnya.

(Fit/Abd)

Credit: Abd

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler