Sukses

Tanda-tanda Kanker Kulit, Awalnya Bisa Bercak atau Tahi Lalat

Kanker kulit memang paling rentan memengaruhi orang dari segala usia dan ras di dunia. Dan Pengaruh sinar matahari biasanya merupakan penyebab utama.

Kanker kulit memang paling rentan memengaruhi orang dari segala usia dan ras di dunia. Dan Pengaruh sinar matahari biasanya merupakan penyebab utama.

Di Amerika Serikat, lebih dari 3,5 juta diagnosa kanker kulit setiap tahunnya. Menurut American Cancer Society, diagnosis kanker kulit sama seperti diagnosis baru kanker payudara, kanker prostat, paru-paru dan usus besar.

Seperti dilansir Foxnews, Rabu (8/5/2013), Dr. David B. Samadi dari Department of Urology and Chief of Robotics and Minimally Invasive Surgery at the Mount Sinai School of Medicine di  New York mengemukakan tiga jenis kanker kulit, yaitu karsinoma sel basal (BCC), karsinoma sel skuamosa (SCC) dan melanoma.

BCC adalah bentuk paling umum kanker kulit dan paling sering terjadi di daerah terkena sinar matahari yaitu wajah dan leher.

Tanda kanker kulit sering muncul berbentuk benjolan atau bekas luka seperti daging berwarna coklat. SCC juga sering terjadi pada daerah yang terpapar sinar matahari tubuh Anda tapi warnanya merah, dan bersisik.

Sedangkan melanoma, bisa menyerang bagian kulit manapun, termasuk pada kulit yang tidak sering terkena sinar matahari.

Pada pria, tanda kanker ini terlihat di kepala atau leher dan wanita seringkali di kaki bagian bawah. Dari kebanyakan kasus, kanker kulit sering dianggap remeh karena hanya berupa bercak coklat besar, atau tahi lalat pada telapak tangan, ujung jari,  atau kaki.

"Ada beberapa tips mudah untuk membantu mencegah kanker kulit. Pertama, memakai tabir surya dengan SPF 30 dan pakaian pelindung (misalnya kemeja lengan panjang, celana, topi bertepi lebar, kacamata hitam, dll) setiap hari, bahkan pada saat awan berawan," ujar David.

Ulangi tabir surya Anda setiap dua sampai tiga jam, terutama jika Anda berenang atau berkeringat. Carilah tempat teduh dari pukul 10:00-16:00.

"Kemudian, hindari juga tanning dan luka bakar akibat matahari. Dan waspada terhadap perubahan pada kulit Anda. Jika Anda melihat bintik-bintik yang baru, gatal atau perdarahan, segera periksakan diri ke dokter kulit," tambah David.

David beranggapan, walaupun tidak semua gejala ini disebabkan oleh kanker kulit, tapi pasti ada cara terbaik menyembuhkannya jika Anda melakukan deteksi dini. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini