Sukses

Cari Tahu Alasan Anak Rajin Sikat Gigi, Tapi Masih Berlubang

Mungkin Anda heran ketika gigi anak berlubang padahal ia rajin menyikat gigi. Jika Anda sering mengalaminya perhatikan beberapa faktor di bawah ini.

Mungkin Anda heran ketika gigi anak berlubang padahal ia rajin menyikat gigi. Waktu menyikat gigi juga sudah benar, yaitu pagi dan malam.

Karena itu Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI), drg. Syarif Hidayat, SpKGA (K) menyarankan agar orang tua memberi perhatian khusus karena anak belum bisa sepenuhnya menjaga giginya.

Ada beberapa faktor yang perlu dilihat oleh orang tua antara lain:

1. Cek kebersihan gigi

"Perlu ditanyakan apakah cara menyikat gigi anak sudah benar, apakah betul sudah bersih dan sebagainya. Karena kita bisa lihat kalau masih ada kuman di gigi," kata Syarif yang ditemui dalam jumpa pers tentang perilaku menyikat gigi dalam keluarga di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (6/5/2013).

2. Teknik menyikat gigi

Syarif menyampaikan bahwa yang jadi masalah selanjutnya adalah teknik menyikat gigi pada anak juga perlu diperhatikan. "Kita harus lihat keterampilan anak dalam menyikat giginya karena hal ini akan memengaruhi kebersihan gigi,"jelas Syarif.

3. Susunan gigi

Pada dasarnya, gigi anak baru tumbuh sempurna di usia 2 tahun. "Tidak semua gigi anak mudah disikat apalagi pada anak yang baru tumbuh giginya (gigi susu). Ini juga memengaruhi kebersihan gigi," ungkap Syarif.

4. Anatomi gigi

Anatomi gigi anak juga memengaruhi adanya lubang pada gigi dan masalah gigi lainnya. "Ada saluran pada gigi anak yang memungkinkan untuk jadi timbunan makanan dan bakteri. Karena anak belum bisa menjaga makanannya, maka yang terjadi adalah penyakit," ujar Syarif.

Agar terhindar dari penyakit, Syarif menganjurkan agar anak tetap diajari untuk menyikat gigi pada pagi dan malam sebelum tidur. Dan jika ada masalah pada giginya, diharapkan orang tua memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali.


(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini