Sukses

7 Gejala Membahayakan yang Kerap Diabaikan Wanita

Kebanyakan penyakit biasanya muncul dengan gejala. Dari gejala, kita bisa mengidentifikasi dan mengobati penyakit lebih dini. Sayang, kita kerap mengabaikan gejala yang muncul.

Kebanyakan penyakit biasanya muncul dengan gejala. Dari gejala, kita bisa mengidentifikasi dan mengobati penyakit lebih dini. Sayang, kita kerap mengabaikan gejala yang muncul.

Berikut beberapa gejala penyakit yang umumnya diabaikan kaum wanita seperti dikutip Magforwomen, Senin (6/5/2013).

1. Kelelahan berlebihan

Wanita yang merasa lelah terus menerus meski sudah tidur cukup, makan makanan sehat, dan memiliki kebiasaan sehat, mungkin mengalami sesuatu yang lebih dari sekadar kelelahan.

Kelelahan berlebihan bisa disebabkan banyak hal seperti hormon tidak seimbang, depresi, kekurangan vitamin, atau penyakit jantung. Segeralah ke dokter meski gaya hidup Anda termasuk normal, sehat, dan aktif.

2. Sakit perut konstan

Nyeri perut sering dianggap akibat kembung dan diharapkan bisa menghilang dalam sekejap. Jika sakit perut berubah dari hanya sebentar menjadi terus menerus alias konstan, Anda harus menemui dokter.

Nyeri di perut bisa terjadi karena batu empedu, radang, sembelit atau penyakit yang lebih serius seperti kanker usus besar.

3. Nyeri dada


Wanita jangan suka meremehkan jika mengalami dada nyeri. Penyakit jantung sering dimulai dengan menunjukkan berbagai gejala, termasuk nyeri dada. Anda tak boleh mengabaikannya dalam keadaan apa pun.

Selain nyeri, sakit tiba-tiba di kedua sisi dada, sesak napas yang dikombinasi dengan rasa tak nyaman di dada atau sakit yang konstan harus Anda respons dengan cepat.

4. Tahi lalat atau noda di kulit

Munculnya bintik atau tahi lalat yang merata di kulit bisa menjadi tanda awal melanoma atau biasa dikenal kanker kulit.

Jika Anda memiliki tahi lalat sejak lahi, monitor kemajuannya. Jika terjadi perubahan mendadak dalam warna, bentu, dan ukuran, atau penampilannya, Anda mungkin perlu ke dokter.

5. Benjolan di dada

Perempuan harus mewaspadai munculnya setiap benjolan di payudara yang mungkin merupakan gejala kanker payudara. Benjolan bisa muncul dalam berbagai ukuran, bentuk, dan rasa. Anda harus merasakannya dengan serius dan buatlah janji dengan dokter.

6. Berat badan turun drastis

Penurunan drastis atau kenaikan berat badan bisa menjadi gejala gangguan makan, obesitas kronis, gangguan usus, atau anoreksia. Jika Anda berpikir berat banda Anda turun atau naik drastis meskipun mempertahankan diet konstan dan gaya hidup yang sehat mungkin ini merupakan gejala penyakit yang serius.

7. Nyeri sendi kronis

Apakah sendi Anda terus-terusan sakit? Ataukah ada sedikit pembengkakan pada tulang di dekat sendi? Jika itu terjadi, ini bisa lebih dari robek otot atau bengkaknya ligamen. Jangan mengabaikan nyeri sendi kronis karena itu bisa menjadi tanda yang serius seperti arthritis atau ginjal.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.