Sukses

H7N9 Infeksi Seorang Warga Fujian di Cina, Total Kasus Capai 127

Hingga Selasa malam, kasus infeksi flu burung H7N9 di Cina sudah mencapai 127 kejadian, setelah satu orang dinyatakan positif terinfeksi virus pada Selasa.

Hingga Selasa malam, kasus infeksi flu burung H7N9 di Cina sudah mencapai 127 kejadian, setelah satu orang dinyatakan positif terinfeksi virus pada Selasa.
    
Seorang pria berumur 58 tahun di Provinsi Fujian, dinyatakan positif terinfeksi virus H7N9 dan kini dalam kondisi serius.

Kasus H7N9 tersebut merupakan yang ketiga kali di Provinsi Fujian setelah virus itu terdeteksi kali pertama pada Maret 2013. Pada Senin (29/4) seorang pria di Shanghai yang positif terinfeksi H7N9, meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama dua pekan.

Dengan begitu, jumlah kasus flu burung di Cina mencapai 127 dan 24 di antaranya meninggal dunia. Kasus terjadi di sepuluh provinsi di Cina dan satu kasus terjadi di Taiwan.

Organisasi Kesehatan Dunia menyebut virus tersebut "salah satu yang paling mematikan", dan mengatakan virus tersebut lebih mudah menular dibandingkan turunan sebelumnya yang telah menewaskan ratusan di seluruh dunia sejak tahun 2003.
    
Meski belum jelas cara penularan virus tersebut, pakar kesehatan WHO sejauh ini belum melihat bukti skenario terburuk penularan antarmanusia.

Sebuah tim beranggotakan pakar kesehatan internasional yang dipimpin WHO dan Pemerintah Cina melakukan penelitian selama lima hari di Cina, namun tidak menemukan petunjuk penularan virus antar-manusia.
 
Asisten Dirjen WHO untuk keamanan kesehatan, Keiji Fukuda mengatakan, situasinya masih tetap rumit dan sulit serta terus berkembang.
    
"Kalau kita lihat virus-virus influenza, yang ini merupakan jenis yang sangat berbahaya untuk manusia," kata Fukuda seperti dikutip Xinhua, Rabu (5/1/2013) seraya menambahkan jenis yang berbahaya lain adalah H5N1 yang membunuh 30 dari 45 korban terinfeksi di hina antara 2003 hingga 2013.
   
Meskipun angka kematian akibat merebaknya virus H7N9 lebih rendah, ia mengatakan, "Sudah jelas ini adalah salah satu jenis paling mematikan yang pernah kita lihat sejauh ini.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.