Sukses

Cara Meredam Nyeri Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Rasa sakit dan nyeri di malam pasti sangat mengganggu. Apa yang perlu dilakukan agar Anda dapat tidur nyenyak

Pegal, nyeri, pedih, perih, bisa jadi Anda rasakan di malam hari ketika menjelang tidur. Semua bisa jadi karena rasa capai yang menumpuk setelah seharian bekerja tanpa kenal lelah.

Jika seseorang tidak tahu harus berbuat untuk meringankan rasa sakit, peradangan, sesak, dan stres, tidur nyenyak pada akhirnya tak bakal Anda rasakan.

Seperti dilansir Boldsky, Selasa (30/4/2013), ada beberapa langkah yang membantu Anda menangani rasa sakit di malam hari, sekaligus menenangkan seluruh tubuh dan pikiran.

1. Pijat

Pijat dapat membantu otot-otot Anda bersantai dan menguraikan rasa sakit di seluruh tubuh. Mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas di daerah yang terkena dampak dari rasa nyeri di malam hari.

Hal seperti ini dapat memiliki efek yang sama dengan pijatan. Bisa juga dengan elusan-elusan lembut yang membuat merinding. Ini adalah bagian dari teknik pijat yang paling sederhana.

2. Meregangkan otot

Ini adalah teknik mengendurkan otot yang tegang selama seharian. Anda bisa melakukannya seperti kalau Anda melakukan yoga.

Peregangan juga bisa dilakukan sama seperti ketika Anda hendak berolahraga. Coba mulai dulu dengan tubuh bagian atas, seperti bahu, leher, dan punggung kemudian mulai turun ke pinggang, dan kaki. Regangkan setiap otot selama 15 sampai 20 detik.

3. Mengubah Pikiran Anda

Mengubah pikiran Anda adalah cara berpikir tentang rasa sakit yang dirasakan.

Nyeri hanyalah bentuk komunikasi tubuh. Anda mungkin berkata kepada diri sendiri, "Punggung saya sakit, saya memiliki lutut yang lemah, mereka menghentikan saya untuk melakukan hal-hal dan ini membuat saya stres.

Yang perlu dilakukan hanyalah merilekskan seluruh pikiran dan otot. Jangan menolak seluruh rasa sakit yang Anda alami. Cobalah berkomunikasi dalam batin dengan tubuh Anda sendiri. Seluruh molekul dalam tubuh kita akan menanggapinya sesuai keinginan kita asal kita ikhlas menerima seluruh rasa sakit itu.

Reframing membantu mematahkan siklus tersebut dan ini akan menyejukkan badan yang terasa sakit di malam hari.

4. Mengasup protein

Untuk menenangkan tubuh Anda yang sakit di malam hari, tenangkan dengan mengonsumsi protein ke dalam tubuh. Otot-otot kita lapar setelah tenaga banyak terbuah.

Pilihlah sumber alami protein seperti ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, atau bahan olahan dari kacang kedelai seperti tempe, tahu.

Anda juga dapat merendam handuk ke dalam air hangat, lalu basuh ke tubuh untuk mengendurkan otot kaku. Anda juga dapat tidur nyenyak setelah membasuhnya dan membantu agar bangun lebih segar.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini