Sukses

Ikhlas dan Legowo ala Christine Hakim

Bagi Christine, hidup yang dia jalani sekarang ini semuanya terasa lebih ringan karena dirinya belajar satu hal yang masih sedikit sekali orang mampu melewatinya, yaitu ikhlas.

Banyak orang yang merasa beban di dalam hidupnya sangatlah berat. Apa yang Tuhan berikan kepadanya pun, dirasa tidak akan pernah cukup untuk meringankannya. Tak terkecuali bagi aktris sekelas Christine Hakim.

Bagi Christine, hidup yang dia jalani sekarang ini semuanya terasa lebih ringan karena dirinya belajar satu hal yang masih sedikit sekali orang mampu melewatinya, yaitu ikhlas dan legowo.

"Mau beban hidup lebih ringan, jangan hanya salat 5 waktu yang dikerjakan, tapi diri dan hati kita haruslah ikhlas. Itu kuncinya," ucap bintang film 'Eat, Pray, Love' kepada Liputan6.com yang ditulis Selasa (30/6/2013).

Kalau seseorang mampu dan bisa belajar ikhlas, tambah Christine, maka beban dalam hidupnya tak akan pernah ada. Semua cobaan dan beban yang Tuhan berikan, apabila kita jalani dengan ikhlas, semuanya akan terasa lebih mudah.

"Ini semua aku katakan, sesuai dengan pengalamanku lho, ya," kelakar wanita yang masih terlihat awet muda ini.

Christine sendiri menyadari, bahwa belajar ikhlas itu tidak segampang membalikkan telapak tangan. Tak mudah memang, tapi kalau dipelajari terus pasti akan bisa.

"Belajar ikhlas pun harus disipilin juga, tak bisa sembarangan," katanya.

"Kalau kita lihat nih, apa yang Tuhan ajarkan kepada umatnya, ujung-ujungnya semua berkaitan dengan ikhlas dan disiplin," tambahnya.

Jadi, mulailah untuk menjadi seseorang yang ikhlas menerima apa yang diberikan Tuhan. Mengeluh boleh saja, tapi jangan lupa untuk selalu bersyukur. Sejatinya, bersyukur merupakan ungkapan terimakasih dari umat untuk Tuhan-Nya.
 
(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.