Sukses

Cara Bersihkan Gigi Gingsul, Sikat Secara Vertikal

Dengan kondisi gigi yang ginsul, orang pun bingung bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Cobalah dengan trik di bawah ini.

Gigi gingsul bisa jadi merepotkan si pemilik karena tumbuh tidak seperti gigi yang lain yang rata dan normal. Satu hal yang mesti diperhatikan adalah cara membersihkannya.

Gingsul atau gigi taring yang tumbuh tidak pada tempatnya, biasanya muncul di sisi atas samping depan. Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya ruang pada lengkung rahang, gigi-gigi yang terlalu besar, atau karena lengkung rahang yang terlalu kecil.

Menurut Periodontist Universitas Indonesia, drg. Dedy Yudha Rismanto, SpPerio, ada baiknya untuk langsung mengonsultasikan ke dokter gigi, bagaimana cara menyikat gigi yang benar untuk gigi gingsulnya tersebut. Jangan dibiarkan begitu saja.

"Jangankan gigi gingsul, gigi normal saja bersihinnya susah, bukan? Kenapa susah? Karena kita biasanya tidak pernah diajarkan cara menyikat gigi yang benar seperti apa. Padahal, menyikat gigi itu sifatnya individu," kata Yudha dalam acara 'Parodontax Blogger Meet-up', yang ditulis Senin (29/4/2013)

Sebenarnya banyak cara yang dapat dikerjakan. Yaitu, tidak lagi menyikat gigi secara horizontal bagi orang bergigi gingsul, akan tetapi menyikat gigilah secara vertikal. "Kalau gigi atas, caranya dari atas ke bawah. Kalau gigi bagian bawah, caranya menyikatnya dari bawah ke atas," tambahnya.

Yang terpenting adalah pada saat menyikat gigi kondisi mulut harus dalam keadaan menganga. "Biasanya kita kan kalau menyikat gigi rapat. Itu justru mengakibatkan perpindahan kuman," terang dokter berkacamata tersebut.

"Jadi seperti olahraga pingpong. Kotoran gigi bawa naik ke atas, kotorang gigi atas jatuh ke bawah," tambahnya.

Jadi, tak ada salahnya untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk menyikat gigi yang benar bagi orang yang bergingsul.(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.