Sukses

Perhatikan Kram Saat Menstruasi Karena Bisa Jadi Penyakit

Kram pada saat menstruasi bisa jadi pertanda penyakit. Perhatikan rasa sakit ketika menstruasi untuk mengetahui apakah rasa sakitnya di perut atau daerah panggul yang mengganggu kinerja Anda.

Kram pada saat  menstruasi bisa jadi pertanda penyakit. Perhatikan rasa sakit ketika menstruasi untuk mengetahui apakah rasa sakitnya di perut atau daerah panggul yang mengganggu kinerja Anda.

Berikut ini adalah uraian para ahli mengenai tanda-tanda kram kronis yang mungkin pertanda kista atau penyakit kronis lainnya, seperti dilansir Cosmopolitan, Minggu (28/4/2013)

1. Kram yang normal

Kram normal terjadi di perut bagian bawah, ini biasanya agak menyakitkan tapi hanya berlangsung selama beberapa jam tapi berulang-ulang. Namun jika Anda minum pereda nyeri, biasanya kram akan hilang.

2. Kista ovarium

Jika Anda mengalami kram yang sangat berat dan mengalami pendarahan, ada kemungkinan Anda memiliki kista ovarium yang sangat umum pada wanita. Segera temui dokter untuk mengetahui penyakit yang Anda alami.

3. Folikel pecah

Ketika telur dilepaskan dari ovarium melalui folikel, kadang-kadang folikel akan pecah sehingga ketika induk telur keluar cepat, maka akan mengakibatkan rasa sakit seperti kram.

4. Endometriosis

Jika Anda merasa nyeri saat berhubungan seks atau kram, Anda mungkin menderita endometriosis. Ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan sel-sel yang tumbuh di dalam rahim Anda tumbuh ke daerah lain seperti usus.

5. Salpingitis

Dalam situasi ini, saluran tuba akan meradang karena kista ovarium atau infeksi lainnya. Kondisi ini akan membuat sulit bagi telur untuk melewati tabung yang biasanya akan menghasilkan ovulasi.

6. PID kronis

Jika kram sudah tidak tertahankan, mungkin penyebabnya adalah Penyakit Radang Panggul (PID) yang sering disebabkan oleh penyakit menular seksual. PID dapat menyebabkan kram ekstrem yang tidak bisa cepat hilang karena kram ini berulang atau kronis. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami kram di panggul.

(Fit/Igw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini