Sukses

8 Hal yang Sebaiknya Tak Disampaikan pada Ibu Hamil

Perasaan ibu hamil umumnya lebih sensitif. Salah bicara, Anda bisa membuatnya tersinggung dan sedih. Hindari kesalahan fatal itu

Perasaan ibu hamil umumnya lebih sensitif. Salah bicara, Anda bisa membuatnya tersinggung dan sedih. Hindari kesalahan fatal dengan sengaja menyinggung atau menghinanya karena tak semua ibu hamil bisa memaafkan.

Berikut ada beberapa perkataan yang sebaiknya dihindari ketika mengobrol dengan ibu hamil seperti dikutip Independent, Jumat (26/4/2013):

1. Badanmu gemuk


Pengaruh hormon membuat wanita hamil bisa terpicu emosinya. Contohnya ketika pria mengatakan 'Saya kira kamu hamil karena kamu begitu gemuk'. Sejak saat itu, si wanita mungkin tak mau berbicara dengan pria tersebut.

2. Kurus


Ini mungkin terlihat seperti pujian, tapi tanpa disadari itu membuat wanita hamil merasa kalau dirinya tak seperti itu.

3. Siapa ayahmu?


Ibu dua anak, Angela, pernah dibuat kesal ketika ada pertanyaan dari mantan kakak iparnya yang menanyakan bayi ini punya siapa. Ia pun langsung menjawabnya. "Saya tahu persis siapa ayahnya".

4. Melahirkan menyakitkan

Seorang ibu satu anak, Jane, diberitahu temannya kalau melahirkan menjadi pengalaman yang paling menyakitkan dalam hidupnya.

"Itu membuat saya takut," kata Jane. "Tapi sebenarnya, saya melakukan hipnoterapi sehingga tidak sakit dan perlu saya katakan kalau saya tak lagi berhubungan dengan teman saya lagi".

5. Apakah bayi Anda cacat?

Emma memiliki sindroma Ehler Danlos. Selama kehamilannya, orang bertanya mungkinkah anaknya akan lahir dengan kondisi yang sama.

"Itu sebuah pertanyaan aneh yang membuatku tertawa," ujar Emma. Tetapi, jangan lupa. Tak semua ibu hamil akan menjadi sangat pemaaf.

6. Waktu lahir

Kedengarannya memang tak berbahaya tapi sejumlah wanita sudah berkali-kali ditanyakan. Ini menjadi salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan.

7. Bisakah saya memegang perut?

Apakah Anda akan membiarkan orang asing menyentuh setiap bagian tubuh Anda demi kesenangannya?

8. Lagi?

Ini bukan respons yang tepat ketika mendengar wanita sedang hamil. Cobalah mengucapkan selamat sebagai gantinya.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini