Sukses

Bikin Pembuluh Pecah, Kerokan Saat Masuk Angin Tak Dianjurkan

Meski terbukti membuat badan makin nyaman akibat masuk angina, kerokan tidak dianjurkan oleh para dokter modern. Kenapa?

Banyak orang gemar melakukan kerokan saat mulai merasa sakit dan tidak fit. Ada banyak yang mengaku sembuh setelahnya. Karenanya banyak yang masih melakukan metode pengobatan kuno ini.

Namun, rupanya ada ahli yang menyatakan bahwa tindakan pengobatan ini bisa membahayakan kesehatan Anda.

"Kerokan memang enak. Medis tidak menyarankan, karena dapat membuat pembuluh darah pecah," kata Spesialis Anak dari Rumah Sakit Siloam Lippo Village Karawaci, dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paesds) SpA dalam acara 'Anak Sehat Cara Herbal', Jakarta, Rabu (24/3/2013).

Karena itu, Djoko tidak menyarankan kerokan ketika Anda masuk angin. Daripada dikerok, lebih baik mengonsumsi obat-obatan herbal, kata Djoko.

"Sekali lagi, walaupun dikerok enak, tetap saja pembuluh darah kita rusak, karena pecah. Makanya merah, kan?," ujarnya. (Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini