Sukses

Bila Tak Ingin Anak kegemukan, Jangan Paksa Habiskan Makanan

Kebiasaan orang tua yang menuntut anak menghabiskan makan ternyata ditentang oleh beberapa ahli diet dari Amerika Serikat.

Kebiasaan orang tua yang menuntut anak menghabiskan makan ternyata ditentang oleh beberapa ahli diet dari Amerika Serikat.

"Saya terkejut melihat perilaku para orang tua, yang merasa bahwa anak-anaknya harus membersihkan semua yang ada piring agar tidak dianggap membuang-buang makanan," kata ahli diet di University of Minnesota, Minneapolis, Amerika Serikat, Katie Loth Dailymail, Rabu (24/4/2013).

Katie mempelajari data sekitar 2.200 orang anak dan 3.500 orangtua. Dia menemukan, dibanding ibu, seorang ayah cenderung menekankan anak-anaknya menghabiskan semua makanan yang sedang disantap. Tak hanya itu, ditemukan juga kecenderungan remaja laki-laki menghabiskan makanan karena desakan orang tua daripada remaja perempuan.

Kepala Staf Medis di Rumah Sakit La Rabida Anak, Chicago, dr Michael Hobaugh, percaya bahwa obesitas diperburuk dengan kondisi orang tua yang tidak mampu menilai apakah anak-anaknya sudah memiliki berat badan yang tepat atau belum.

"Sekarang ada begitu banyak anak obesitas di Amerika Serikat. Bisa jadi ketika melihat seorang anak yang memiliki berat badan normal, bukan tidak mungkin para orang tua akan berpikir kalau anaknya terlalu kurus," kata Michael.

Jadi, rupanya saran untuk tidak menghabiskan makanan ini karena melihat kondisi anak-anak di Amerika yang pada umumnya berbobot tidak normal alias kegemukan atau obesitas. Sehingga, tidak akan relevan untuk wilayah yang anak-anaknya kurang gizi.

Hasil penelitian ini terungkap beberapa hari setelah dr Brian Wansink, dari Cornell University, New York, menyatakan bahwa kunci menghindari makan berlebih ketika makan di restoran prasmanan adalah dengan cara mengambil piring yang lebih kecil.
(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.