Bahaya, Bila Wanita Makan Tahu dan Tempe Setiap Hari

on

Meski bermanfaat untuk kesehatan, makan tahu dan tempe setiap hari ternyata tidak baik untuk wanita. Demikian disampaikan ahli naturopati dari Australia Janella Purcell.

Menuut Janella seperti dikutip BodyandSoul, Selasa (23/4/2013), agar ovarium wanita sehat secara alami, janganlah makan tahu dan tempe setiap hari.Setiap bulan, ovarium wanita melepaskan telur dari folikel sebagai bagian dari siklus reproduksi. Tapi, bagi kebanyakan wanita prosesnya tak sesuai rencana dan ini bisa memengaruhi tubuh.

Ovulasi pada wanita dipicu oleh keseimbangan hormon tertentu, seperti estrogen dan progestereon. Diet tinggi makanan olahan yang mengandung lemak dan karbohidrat tak meningkatkan kesehatan ovulasi. Begitu pula dengan tahu dan tempe. Kaum wanita sebaiknya tak mengonsumsi tahu dan tempe setiap hari.

Produk kedelai seperti tahu dan susu kedelai merupakan makanan alami yang tinggi kandungan fitoestrogen (senyawa alami dari tanaman yang mampu memengaruhi aktivitas estrogenik tubuh). Hormon ini dianggap mengganggu fungsi normal estrogen. Namun tanaman dengan estrogen itu bisa menjadi makanan sehat jika konsumsinya sedang atau cukup beberapa kali seminggu, tak boleh dimakan setiap hari.

Sama halnya  dengan xenooestrogens, hormon yang juga meniru estrogen. Terutama pada xenoestrogens sintetis yang ditemukan di beberapa pembersih berbahan kimia, produk rambut, dan perawatan kulit, pupuk, serta pestisida.

Lantas apa yang harus dihindari agar ovarium sehat:
  1. Kafein, alkohol, terlalu banyak kedelai, daging merah, susu, gula, dan karbohidrat olahan.
  2. Kurangi atau berhenti merokok dan lakukan yoga serta beberapa bentuk cardio.
  3. Kurangi stres, terutama soal hubungan asmara dan uang. (Mel/Abd)

Credit Abd

Suka artikel ini?

0 Comments