Sukses

Ingat, Pekan Imunisasi Mulai Hari Ini Sampai 27 April!

Pekan Imunisasi tahun ini digelar mulai hari ini (22/4/2013) hingga Sabtu 27 April 2013. Orangtua yang mempunyai balita bisa mendatangi puskesmas terdekat.

Pekan Imunisasi Dunia di Indonesia pada tahun ini digelar mulai Senin ini (22/4/2013) hingga Sabtu 27 April 2013. Orangtua yang mempunyai balita dan sudah jadwalnya diimunisasi bisa mendatangi puskesmas terdekat.

Pekan imunisasi kali ini fokus dalam memberikan imunisasi baru yakni Vaksin Haemophilus influenza tipe b (Hib). Namun, penerimaan vaksin HiB baru dilakukan di empat provinsi.

Keempat provinsi itu adalah Jawa Barat, Bali, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam informasi di situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Profesor dr Tjandra Yoga Aditama, menyerukan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi untuk mengingatkan pentingnya kegiatan Pekan Imunisasi Dunia.

"Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan imunisasi kepada bayi dan anak sehingga memperoleh perlindungan dari Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I)," kata Profesor Tjandar dalam surat tersebut seperti dikutip Liputan6.com.

Secara khusus Pekan Imunisasi Dunia yang bertemakan 'Imunisasi Melindungi Anak Indonesia dari Wabah, Cacat, dan Kematian' bertujuan antara lain meningkatkan kepercayaan/keyakinan masyarakat terhadap pentingnya imunisasi sebagai upaya melindungi bayi dan anak-anak dari penyakit yang dapat menyebabkan wabah, sakit berat, kecacatan, atau kematian, serta me$mobilisasi masyarakat untuk mendatangi tempat pelayanan imunisasi.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menjelaskan, vaksin Hib akan diberikan pada bayi yang belum pernah diimunisasi. "Sementara bayi sudah melakukan imunisasi DPT/HB, dan ingin di vaksin Hib, harus menunggu satu setengah tahun," ujar Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi Sp.A

Menurut Nafsiah, pemberian imunisasi HiB itu dilakukan untuk anak usia di bawah usia 1 tahun. Ada yang 2 kali dan ada yang 3 kali selama 1 tahun. Vaksin diulang kembali di usia 12-15 bulan.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.