Sukses

Baru Kenalan Sudah Lupa Nama, Artinya Otak Sedang 'Overload'

Saat berkenalan dengan sesorang biasanya nama sulit diingat. Penyimpangan ini diyakini karena otak takut kelebihan informasi (overload).

Saat berkenalan dengan seseorang biasanya kita agak lama bisa mengingat namanya. Ini wajar karena otak memiliki kapasitas terbatas untuk belajar banyak hal. Sebenarnya, ingatan itu bisa dipanggil lagi beberapa jam kemudian dengan upaya mengingatnya.

Para ahli saraf di University of Sussex, Inggris belum mengerti sepenuhnya mengapa penyimpangan memori seperti itu terjadi. Namun, penyebab terjadi kondisi diyakini karena otak kelebihan beban informasi.

Ilmuwan di universitas itu mengatakan, setiap penyimpangan dalam memori bisa mengganggu proses mengingat sehingga orang berhenti mengingatnya. Salah seorang ahli saraf dr Iidiko Kemenes menjelaskan, masalah penyimpangan memori di otak ini sudah menjadi pertanyaan selama beberapa periode. Dan memang mengingat itu membutuhkan energi.

"Otak yang akan memutuskan apakah layak mengeluarkan energi untuk memperkuat ingatan yang terpecah-pecah," kata dr Kemenes seperti dikutip Dailymail, Selasa (23/4/2013).

Menurutnya, mencegah terbentuknya sebuah ingatan merupakan cara untuk menghindari otak kepenuhan (overload).

Dr Kemenes melakukan percobaan dengan memperkenalkan senyawa yang tak diketahui di dalam diet siput (bekicot) untuk melihat apakah binatang itu belajar mengenalinya sebagai makanan.

Ketika diberi makanan lagi, para ilmuwan menemukan, siput menanggapi rangsangan dengan mengalami penyimpangan memori setelah 30 menit dan dua jam, sebelum akhirnya memori menguat sekitar 4 jam.

Tapi, jika bekicot menerima stimulus yang berbeda dalam selang beberapa waktu, kekuatan memori menjadi terganggu.(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini