Sukses

Resep Lidah Buaya Cegah Kulit Kering Akibat Kemoterapi

Kulit kering kerap jadi keluhan para penderita kanker yang menjalani kemoterapi. Ada ramuan alami yang bisa dicoba

Salah satu efek yang paling sering dialami para penderita kanker yang menjalani kemoterapi adalah mengeringnya kulit. Namun, jangan khawatir, ada ramuan alami yang ampuh untuk mengatasi persoalan ini seperti resep dari salah seorang mantan penderita kanker, Dewi Yulita.

Resep Nata de Aloevera atau lidah buaya ini tertuang di dalam buku Resep Sehat Survivor, dan ditulis kembali oleh Liputan6.com, Sabtu (20/4/2013)

Bahan untuk minuman ini adalah :
  • 200 gram lidah buaya (yang memiliki ukuran besar), diambil dagingnya dan dipotong kotak-kotak
  • 50 cc air mineral
  • 50 gram gula batu
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat Nata de Aloevera sebagai berikut :
  1. Masak air hingga mendidik
  2. Masukkan lidah buaya yang sudah dipotong kotak-kota, gula batu, daun pandan, dan didihkan.
  3. Dinginkan di dalam kulkas dan siap untuk diminum.

Tanaman lidah buaya hampir mirip dengan apel. Digigit sedikit akan berubah warna menjadi cokelat. Ini tanda bahwa lidah buaya teroksidasi.

Karena itu, setelah dikupas, sebaiknya langsung diolah. Setelah kulit luar dikupas dan dipotong kotak-kotak, cucilah di bawah air mengalir.

Lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh karena mengandung vitamin B1, B2, B3, B12, C,E, cholin, zinc, inositol, dan asam folat.

Dalam lidah buaya terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim hormon, dan zat golongan obat, antara lain antibiotik, antiseptil, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakkan, antiparkinson.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini