Sukses

Maknyus, Nugget Belalang Buatan Mahasiswa UGM

Selama ini kita hanya mengenal kudapan goreng belalang. Agar nilai jual dan manfaatnya makin terasa, dibuatlah nugget belalang

Belalang goreng merupakan kudapan tak biasa yang bisa Anda temukan di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sepanjang Wonosari, Gunung Kidul ada banyak warung yang menjual berbagai kudapan olahan belalang, salah satunya yang paling laris adalah belalang goreng.
 
Anda yang pertama kali menemui kuliner ini mungkin penasaran sekaligus geli. Rasanya mirip udang dengan kandungan protein cukup tinggi. Pada kondisi basah, bisa mencapai 40 persen dan saat kering atau digoreng meningkat menjadi 60 persen. Karena tingginya protein, penderita alergi udang tentu harus waspada. Jangan sembarangan mengonsumsinya.
 
Karena agak sulit ditemukan di wilayah lain, kudapan ini bisa disebut khas Gunungkidul. Biasanya warga dijadikan lauk bersanding nasi merah dan lombok (cabai) ijo. Tentu, yang digunakan bukan sembarang belalang. Hanya yang jenis belalang kayu (Valanga nigricornis) yang hidup pada pohon ketela, jagung, pucuk pohon jati dan akasia yang dikonsumsi.
 
Ridho Andika Putra, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Gajah Mada angkatan 2010 membuat terobosan baru mengolah belalang menjadi nugget. Ia berharap belalang nugget menjadi salah satu alternatif pilihan di bidang pangan yang dapat diterima konsumen dari tingkat anak-anak maupun dewasa sebagai lauk maupun kudapan.
 
“Saya berharap belalang yang diolah menjadi nugget bisa membuat masyarakat tertarik karena dari segi penyajian sangat praktis, dan selama ini kalau kita melihat olahan belalang umumnya hanya digoreng dengan tekstur masih kasar,” papar Ridho seperti dikutip ugm.ac.id, Sabtu (20/4/2013) .
 
Ridho mengaku, upayanya ini demi meningkatkan nilai tambah. Produk ini diharapkan membantu ketercukupan konsumsi protein di tengah masyarakat.

“Ini merupakan pengembangan diversifikasi pangan lokal yang tidak tergantung impor. Sebagai sumber makanan yang kaya protein, belalang nugget diharapkan membantu asupan gizi masyarakat miskin, karena harganya terjangkau,” ungkap Ridho. (Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini