by Aditya Eka Prawira

FOTO: Potret Kehidupan Para Lansia di Panti Jompo

  • Info Sehat
  • 0
  • 19 Apr 2013 17:43
Kehidupan di panti jompo seringkali diasosiasikan dengan kesepian dengan pemandangan para orang tua yang sedang melamun.

Pada Jumat (19/4/2013), Liputan6.com berkesempatan menyambangi Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1, Cipayung, Jakarta Timur.

Panti Sosial ini merupakan unit dari Dinas Sosial Jakarta, di bawah koordinasi Pemerintah DKI Jakarta, yang khusus mengurusi para lansia (lanjut usia).

Panti Sosial yang bertingkat dua dan asri ini hanya mampu menampung 200 orang lansia. Para lansia itu pun tidak hanya ditampung, tetapi juga segala keperluannya dipenuhi. Mulai dari keperluan sandang (pakaian lengkap, fasilitas untuk beribadah, olahraga), sampai keperluan pangan (makan 3 kali sehati, snack yang diberikan setiap hari, buah dan susu).

Ketua Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1, DRA. Tuti Sulistyaningsih, M. Si mengungkapkan bahwa para lansia yang ada di tempat tersebut berasal dari berbagai asal.

Ada yang datang karena dirujuk dari PSBI (Panti Sosial Bina Insan), rumah sakit, ditemukan polisi di jalan, atau datang sendiri dengan suka rela.

"Biasanya yang datang sendiri ke sini adalah mereka yang merasa tidak diurus. Mereka yang merasa hidupnya kesepian," ungkapnya.

Berikut beberapa foto yang menggambarkan kondisi para lansia di 'Panti Sosial Tresna Werdha'. (FOTO: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Foto 1 : Tampak depan 'Panti Sosial Tresna Werdha'



Foto 2 : Nenek penghuni 'Panti Sosial Tresna Werdha' sedang istirahat



Foto 3 : Meski tak lagi muda, kondisi harus tetap bugar



Foto 4 : Salah satu produsen obat Soho berikan bantuan berupa pengobatan gratis



Foto 5 : Setiap orang yang bercengkrama dengan nenek Lastri, senantiasa didoakan.



Foto 6 : Kakek ini lupa di mana kamarnya



Foto 7 : Usia tak membatasinya untuk tetap narsis.



(Adt/Igw)
(Melly Febrida)
Comments
Sign in to post a comment