Sukses

10 Hal yang Harus Dicamkan Bila Anda Ingin Langsing

Kebanyakan wanita punya masalah berat badan. Meski banyak yang berhasil menurunkannya, banyak juga yang gagal. Perhatikan 10 hal ini bila ingin langsing

Kebanyakan wanita punya masalah berat badan. Meski banyak yang berhasil menurunkannya, banyak juga yang gagal. Tentu saja hal seperti ini kerap membuat frustasi.

Seperti dilansir Fitsugar, Kamis (18/4/2013), ada 10 kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari tapi sangat berpengaruh pada diet Anda:

1. Makan sehat tapi berlebihan

Pada dasarnya tidak ada makanan yang lebih dan kurang sehat. Yang kerap jadi masalah adalah banyaknya makanan yang masuk sementara sedikit dikeluarkan. Jadi meski Anda mengonsumsi makanan yang dianjurkan para ahli diet tetapi mengonsumsinya berlebihan, sama saja.

2. Tidak Sarapan

Melewatkan sarapan sering dianggap sebagai cara terbaik untuk menghemat kalori. Padahal, absen sarapan akan cenderung mendorong kita makan berlebihan di periode makan berikutnya sebagai kompensasi. Ini juga akan meningkatkan gula darah dalam waktu cepat.

Perlu diingat, sebuah penelitian pernah mengungkapkan kalau orang yang melakukan sarapan secara teratur bisa menurunkan berat badan. Pastikan Anda sarapan setiap pagi untuk memberikan energi dan serat selama berjam-jam beraktivitas.

3. Makan sambil berdiri

Kenapa makan harus perlahan, harus duduk tentu saja ada alasannya. Dengan posisi demikian diharapkan tubuh dapat memproses apa yang kita makan dengan optimal dan zat gizi terserap dengan maksimal. Jadi, posisi makan yang tidak biasa bakal mengganggu metabolisme.

4. Terlalu banyak makan rendah Lemak

Lemak kita butuhkan. Namun, makanan rendah lemak seringkali menipu. Banyak makanan sepeti ini ternyata memiliki kandungan ekstra sodium (garam), gula, atau bahan kimia tambahan.

5. Memotong-motong Makanan

Meski kelihatannya lucu, memotong makanan menjadi makin kecil seperti juga menggiling daging akan membant tubuh untuk memprosesnya dengan lebih mudah.

6. Kurang minum air

Selain menjaga agar Anda tetap terhidrasi, air minum dapat membantu penurunan berat badan. Bukan hanya air minum, makan makanan yang mengandung banyak air (seperti buah-buahan dan sayuran) akan membantu diet Anda juga.

Sebuah studi kecil menemukan kalau minum air dingin dapat mempercepat metabolisme dan mencegah keinginan seseorang untuk minuman manis seperti soda dan jus.

7. Olahraga dengan perut kosong

Jenis olahraga ini sangat tepat dilakukan di pagi hari dalam bentuk erobik seperti jalan cepat, jogging atau bersepeda. Saat itu, gula darah kita dalam keadaan rendah. Energi mengambil cadangan gula dalam lemak.

8. Selalu makan di luar rumah

Makan di restoran favorit mungkin merupakan salah satu cara untuk bersantai, tetapi dapat menggagalkan diet karena menu yang tersedia dengan bumbu-bumbunya kerap jauh dari prinsip-prinsip diet. 

9. Tidak makan

Beberapa orang seringkali mengabaikan makan demi suksesnya diet yang dijalani. Padahal lapar dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Anda bakal cenderung makan banyak dan berlebihan. Dan itu berbahaya.

10. Konsumsi minuman bersoda 

Jangan pernah memasukkan soda dalam daftar diet Anda. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa konsumsi soda diet dalam dua hari atau lebih membuat lingkar pinggang makin besar 500 persen dibanding yang tidak.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.