Sukses

Mulai dari Keriput Hingga Kaki Bengkak Penyakit Bisa Ketahuan

Siapa bilang tanda-tanda penyakit tidak bisa dilihat dari penampilan. Jika Anda merasa penampilan mulai berubah seperti tanda-tanda penuaan, rambut rontok dan sebagainya, mungkin Anda harus mulai memperhatikan kesehatan.

Siapa bilang tanda-tanda penyakit tidak bisa dilihat dari penampilan. Jika Anda merasa penampilan mulai berubah seperti tanda-tanda penuaan, rambut rontok dan sebagainya, mungkin Anda harus mulai memperhatikan kesehatan.

Berikut ini spesialis kedokteran di San Francisco sekaligus pimpinan American Holistic Medical Association, Dr Molly M. Roberts dari Institute for Health & Healing menyebutkan tanda-tanda penyakit yang berhubungan dengan penampilan, seperti dilansir Health, Senin (15/4/2013),

1. Keriput

Meskipun keriput tidak dapat dihindari, tapi menurut Molly hal ini merupakan pertanda osteoporosis. Sebelumnya, penelitian terbaru pernah mengungkapkan tentang hubungan antara keriput dan kesehatan tulang pada wanita menopause dini. Dan hasilnya, semakin banyak kerutan, semakin besar pula risiko rendahnya kepadatan tulang. "Paparan asap rokok atau sinar matahari dapat mempercepat proses ini,"ujar Molly.

2. Kaki bengkak

Pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki merupakan gejala klasik dari kondisi gagal jantung.

3. Pertumbuhan kuku tidak baik

Ketika Anda melihat kuku Anda mulai tumbuh berantakan, berubah warna, menebal, atau mungkin terpisah dari dasar kuku ternyata juga menunjukkan banyak masalah pada kesehatan.

Perubahan kuku pada umumnya merupakan pertanda orang dengan psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang diderita seseorang ketika mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Penyakit ini sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, jadi bisa menggangu kekuatan mental seseorang bila tidak dirawat dengan baik.

4. Tangan dan kaki besar

"Jika Anda memiliki tangan dan kaki yang besar namun tidak sesuai dengan porsi tubuh Anda, mungkin Anda patut curiga. Hal ini mungkin karena adanya gangguan hormonal,"kata Dr Andrea Utz, direktur Vanderbilt Pituitary Center di Vanderbilt University Medical Center, di Nashville.

5. Mulut

Gigi dan gusi yang buruk merupakan tanda kesehatan jantung dan tulang. Hal ini diperkuat dengan studi tahun 2010 dalam British Medical Journal yang menemukan bahwa menyikat gigi bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Kehilangan gigi juga bisa menandakan osteoporosis. Gigi yang hilang bisa berarti kepadatan tulang rahang tidak bisa lagi mendukung kekuatan gigi

6. Jerawat

Wajah kemerahan dengan luka kulit bekas jerawat merupakan gejala penyakit kulit kronis. Meskipun penyebab pastinya belum banyak diketahui, tapi orang-orang dengan penyakit rosacea, kulit wajahnya akan terlihat kemerahan dan pembengkakan wajah.

7. Kulit gelap

Orang yang mengidap diabetes, obesitas atau kanker, bisanya memiliki kulit lebih gelap. "Meskipun bukan pertanda penyakit, tapi kulit kusam semestinya  membuat Anda berpikir dua kali untuk melakukan pemeriksaan," kata Heather Jones, praktisi perawat di Oregon Health & Science University, di Portland.(Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.