Sukses

Putih Telur Bisa Jadi Obat Penurun Tensi

Para ahli di Amerika Serikat menemukan, protein putih telur dapat menurunkan tekanan darah seefektif obat penurun tensi dosis rendah.

Berikut ini alasan lain mengapa Anda harus memasukkan telur dalam diet. Penelitian yang dipaparkan dalam American Chemical Society di New Orleans, Amerika Serikat menyebutkan bahwa protein putih telur dapat menurunkan tekanan darah seefektif obat penurun tensi dosis rendah.
"Kami memiliki bukti dari laboratorium bahwa zat putih telur terdapat peptida. Salah satu blok bangunan protein, yang mampu mengurangi tekanan darah setara dengan Captopril (obat tekanan darah tinggi) dosis rendah," kata seorang peneliti dari Universitas Jilin Washington, Zhipeng Yu seperti dilansir ZeeNews, Jumat (12/4/2013).

Yu beserta rekannya mempelajari peptida yang disebut dengan peptide Arg–Val–Pro–Ser–Leu (RVPSL). Para ilmuwan sebelumnya menemukan bahwa substansi dalam obat-obat penurun tensi seperti Captopril, Vasotec, dan Monopril adalah angiontensi-converting-enzyme (ACE) inhibitor.

Ia memiliki kemampuan yang kuat untuk menghambat dan menghalangi aksi ACE, zat yang diproduksi tubuh untuk meningkatkan tekanan darah.

Yu mencatat bahwa penelitian tersebut dilakukan dengan versi peptida yang dipanaskan sampai hampir 93 derajat celcius selama persiapan, kurang dari suhu yang biasanya digunakan untuk memasak telur.

Dia mengutip bukti dari penelitian lain, bagaimanapun, putih telur dapat mempertahankan efek yang menguntungkan pada tekanan darah setelah memasak.

Yu percaya bahwa peptida yang terdapat pada putih telur, baik dalam telur atau sebagai suplemen, bisa menjadi berguna sebagai tambahan untuk obat tekanan darah tinggi.

Untuk saat ini, orang dengan tekanan darah tinggi harus berkonsultasi dengan para dokter sebelum melakukan perubahan. (Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini