6 Cara Meningkatkan Kesuburan Sperma

  • Seks
  • 0
  • 11 Apr 2013 20:00

mr-p-130411b.jpg
Kesuburan pada pria dianggap berhubungan dengan kejantanan atau maskulinitas. Seorang pria yang melakukan aktivitas seksual dan bisa memiliki anak, dianggap lebih jantan.

Untuk itu, beberapa kiat ini bisa jadi membantu para pria meningkatkan kesuburannya seperti dilansir Canadian Living, Kamis (11/4/2013):

1. Pilih pelumas yang aman untuk melakukan hubungan seks

"Kebanyakan pelumas membunuh sperma,"kata Dr Anthony Cheung, Pendiri dan Direktur Medik Grace Fertility Centre, Vancouver, Kanda. Pilih produk yang diformulasikan khusus, yang membuat sperma tetap hidup saat berhubungan seks.

2. Jauhkan testis dari suhu tinggi

Ada sebuah penelitian kalau suhu sangat tinggi dapat mengganggu kesuburan pria. Menurut Direktur Fertility Centre di Toronto Dr Cliff Librach, pria harus menghindari mengenakan celana pendek spandex seperti celana bersepeda yang ketat. Gunakan pakaian longgar, seperti celana boxer. Hindari sauna dan kolam air panas, dan hindari memangku laptop.

3. Hindari Rokok

Spesialis Reproduksi Rumah Sakit Mount Sinai, Toronto, Kanada Dr Kimberly Liu mengatakan, pria yang merokok memiliki jumlah sperma yang lebih rendah.

4. Lindungi Mr.P ketika olahraga

Pakailah perlindungan ketika berolahraga. "Jika seorang pria mendapat cedera pada buah zakarnya, hal itu dapat mempengaruhi kesuburan," kata Librach.

5. Hindari steroid

"Pria yang melakukan banyak angkat berat harus menghindari steroid atau suplemen yang mengandung testosteron. Testosteron benar-benar akan melawan produksi sperma," kata Liu.

6. Berlatih seks aman

Beberapa pria kebanyakan tidak menyadari kalau melakukan hubungan seks tanpa kondom dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit seksual menular seperti klamidia dan gonore. Liu mengatakan, penyakit ini menggangu kesuburan dalam jangka panjang, seperti menghambat produksi sperma dan merusak pelepasan sperma. (Fit/Abd)

Credit: Abd

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler