Sukses

Ragam Manfaat Tersembunyi dari Kuning Telur

Banyak orang bilang kalau kuning telur menyebabkan menaiknya kolesterol, padahal banyak zat penting yang terdapat di dalamnya

Kuning telur dikenal terutama karena tinggi kandungan kolestrolnya. Tapi komunitas riset medis telah mempelajari dan menemukan bahwa diet kolestrol memiliki pengukuran berbeda dengan kadar kolestrol darah yang berhubungan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Sebuah studi baru menggemakan menunjukkan bahwa konsumsi telur tidak berpengaruh pada kadar kolestrol darah secara keseluruhan dari 115 orang dewasa sehat.

Ditambah lagi, penelitian terbaru lain menemukan beberapa bukti bahwa makan telur utuh meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang melindungi jantung.

"Ada masalah yang lebih besar dalam diet orang Amerika dibanding kolestrol, " kata Drew Ramsey, M.D., asisten profesor klinis Psikiatri di Columbia University College of Physicians & Surgeons, yang mempelajari hubungan antara perilaku gaya hidup, seperti diet dan kesehatan psikologi seperti dilansir Huffington Post, Jumat (5/4/2013).

"Tidak ada data yang menunjukkan bahwa konsumsi kuning telur merupakan penyebab utama menaiknya kolesterol. Semua setuju bahwa masalah paling nyata pada diabetes dan obesitas adalah terlalu banyak konsumsi makanan olahan berkalori tinggi," tambahnya.

Bahkan ada beberapa zat pada kuning telur yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kuning telur adalah salah satu sumber makanan paling kaya kolin dan B-kompleks yang baik untuk fungsi saraf dan mengurangi peradangan.

Ada juga bukti kalau diet kolin membantu perkembangan otak janin ketika ibu hamil memakannya. Manfaat lain dari diet kaya kolin adalah mood yang baik dan bahagia.

Ramsey mengatakan, kolin juga membantu menghasilkan hormon yang menimbulkan rasa bahagia seperti serotonin, dopamin, dan norephinephrine.

Kuning telur juga mengandung dua karotenoid, yakni lutein dan zeaxanthin yang menjaga kesehatan mata. Kandungan sulfur Dosis sulfur yang besar juga dimilikinya.

Manfaat kesehatan kuning telur seharusnya tidak membayangi putih telur yang rendah kalori, sumber rendah lemak pada protein yang sempurna. Bahkan telur menjadi 'standar emas' atau patokan kualitas protein terbaik karena asam aminonya paling mudah dicerna bagi manusia. (Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini