Sekali Ejakulasi Sama Seperti Lari Sprint 100 Meter?

on Apr 03, 2013 at 20:00 WIB

Ada mitos kuno di Jepang yang menyebutkan ejakulasi sama dengan berlari sprint 100 meter. Entah benar atau tidak, mitos itu telah bertahun-tahun dipercaya orang Jepang sama seperti mitos menaruh kunci yang dingin di punggung akan menyembuhkan cegukan

Majalah R25 mengonfirmasi mitos soal ejakulasi itu kepada dokter untuk mencari faktanya seperti dikutip RocketNews, Rabu (3/4/2013).

"Orgasme pria diduga membakar kalori sama seperti berjalan 100 meter dengan segenap kekuatanmu," begitu isi majalah.

Dengan logika ini, tiga kali ejakulasi membutuhkan jumlah kalori yang sama dengan lari 300 meter dan lima kali sebanyak 500 kalori. Ini berarti, melakukannya sebanyak 10 kali setara dengan lari yang jaraknya jauh.

Dr Ryukou Suda dari Klinik Shinjuku di Jepang menjelaskan, sulit mengukur jumlah kalori yang dibakar saat ejakulasi.

"Ini sangat sulit diukur karena tak ada standar tetap untuk jumlah energi yang dibutuhkan untuk sekali ejakulasi," katanya.

"Jumlah energi yang dibakar selama berhubungan seksual dengan atletik sangat berbeda dengan yang diperlukan untuk satu sesi yang santai".

Jadi bagaimana cara mengetahuinya? Menurut Suda, dengan menggunakan perhitungan Metabolic Equivalent of Task (MET), kita bisa memastikan berapa banyak energi yang dibakar pria selama beraktivitas seksual.

Pengukuran itu sering digunakan ketika menghitung jumlah tenaga dari fisik seseorang yang menderita serangan jantung yang harus membatasi dirinya untuk setiap tugas dengan memberikan skor MET.

"Kita bisa menggunakan MET untuk menghitung jumlah energi yang digunakan dalam sejumlah kegiatan fisik," ujar Suda.

"Berjalan regular nilainya 3,0-4,0 MET, dan jogging sekitar 7,0. Seks rata-rata sekitar 1,3 MET. Jadi dengan kata lain, pada skala tenaga, tidak mungkin banyak energi yang digunakan dalam satu ejakulasi sama seperti lari sprint," jelasnya.(Mel/Abd)
Suka artikel ini?

0 Comments