by

Merawat Selangkangan yang Menghitam

  • Info Sehat
  • 0
  • 03 Apr 2013 19:30
Sejumlah orang sering menemukan daerah selangkangan berwarna lebih gelap dibandingkan daerah lainnya. Warna menggelap tersebut tentu bisa cukup mengganggu.

Sebenarnya, warna gelap itu tak menunjukkan ada gangguan yang sedang terjadi. Ini biasanya terjadi secara alami akibat pigmentasi yang berlebihan atau berkembang dari waktu ke waktu akibat gesekan konstan yang terjadi di kulit, ketika paha bergesekan satu sama lain. Pigmentasi di daerah kemaluan juga bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Kulit menggelap tak hanya terjadi di selangkangan, beberapa daerah umum seperti lipatan leher, siku, dan ketiak juga mengalami hal sama. Orang sering mengamati terjadinya penebalan di area gelap. Ini menandakan kulit sedang mencoba melindungi diri dari cedera yang disebabkan gesekan konstan.

Selain gesekan, ada juga penggelapan itu karena infeksi jamur seperti kurap yang bisa menyebabkan bercak kemerahan atau selangkangan jadi gelap.

Ketika selangkangan lebih gelap, banyak yang bingung bagaimana memutihkannya. Ada yang memilih menggunakan produk pemutih di apotek lokal, tetapi mengandung bahan keras yang bisa memperburuk kondisi kulit.

Sebelum mencoba pengobatan rumahan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebabnya.

Jika dokter mengatakan tak ada masalah yang menyebabkan kegelapan, Anda bisa mencoba pengobatan rumahan berikut ini seperti dikutip Tandurust, Rabu (3/4/2013):

1. Jauhi pakaian ketat

Salah satu langkah sederhana pertama yang perlu Anda lakukan ketika melihat kulit menggelap di selangkangan adalah berhenti mengenakan pakaian ketat dan yang terbuat dari bahan serat seperti nilon atau spandex.

Kenakan pakaian longgar yang terbuat dari bahan alami seperti katun dan linen. Ini tak selalu buruk dan Anda masih bisa berpakaian sesuai mode yang bisa membuat kulit tetap bernapas.

Pakaian dalam dari bahan katun bisa membantu menjaga daerah selangkangan bebas dari kelembaban.

2. Buah jeruk

Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis mengandung asam esensial yang diketahui sebagai agen pemutihan. Oleskan sari buah-buahan itu pada pangkal paha yang gelap Anda setiap pagi atau setiap selesai mandi.

3. Almond bubuk

Oleskan bedak di bagian dalam paha Anda setiap malam sampai di paha dalam dan luar.

4. Segera mandi dan ganti pakaian

Jika Anda gemar berolahraga, pastikan segera mandi setelahnya dan keringkan pangkal paha dengan hati-hati. Jika keringat berlebihan, gunakan bedak penghilang bau badan agar selangkangan bebas dari kelembaban. Mandi dan ganti baju sesering yang diperlukan.

5. Gunakan krim pemutih kulit 

Krim yang mengandung asam salisilat, hydroquinone, atau asam alfa hidroksil biasanya efektif memperbaiki tekstur kulit dan memutihkan kulit.

6. Krim pemutih buatan sendiri

Anda bisa membuatnya dari bubuk kunyit, yogurt, dan air jeruk nipis yang dibuat pasta. Gunakan sebagai antiseptik alami dan pemutih yang bisa menerangkan kulit gelap di daerah selangkangan.

7. Pakai sabun


Gunakan sabun dari bahan-bahan alami seperti licorice hitam yang bisa membantu memutihkan kulit di sekitar daerah selangkangan.

Gunakan sabun dengan bahan pengelupasan alami seperti gandum untuk menggosok daerah selangkangan. Pijat dengan lembut dan hati-hati saat pengelupasan.

Melukai kulit hanya akan menambah masalah. Pengelupasan secara teratur dapat membantu memperbaiki tekstur kulit serta menerangkannya.

8. Minum segelas susu hangat dengan sejumput kunyit setiap hari

Ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih kuat. Jika ada infeksi tak menimbulkan gangguan.

9. Turunkan berat badan

Cara ini merupakan salah satu solusi terbaik. Namun, jika Anda memiliki paha coklat atau merah, perlu diwaspadai adanya kemungkinan infeksi. Konsultasilah ke dokter kulit.

Minum banyak air sehingga dapat menyingkirkan setiap racun yang dapat menyebabkan penumpukan kulit mati.

10. Uji alergi sebelum pakai pemutih

Ketika bercak gelap terlalu sulit dihilangkan, coba gunakan pemutih untuk daerah itu. Ingat, uji alergi sebelumnya agar terhindar dari risiko kulit meradang. Jika obat tak bekerja, konsultasikan dengan dokter.

11. Yoga

Berlatih yoga pranayama setiap hari dapat membuat kulit paha Anda lebih bersinar. (Mel/Abd)
Comments
Sign in to post a comment