Sukses

Remaja Hampir Buta Akibat Parasit yang 'Nyangkut' di Matanya

Ashley Hyde, seorang gadis berusia 18 tahun asal Pembroke Pines, Florida hampir saja mengalami kebutaan akibat parasit yang terdapat pada lensa kontaknya beberapa waktu lalu.

Ashley Hyde, seorang gadis berusia 18 tahun asal Pembroke Pines, Florida hampir saja mengalami kebutaan akibat parasit yang terdapat pada lensa kontaknya beberapa waktu lalu.

 
Parasit yang diketahui bernama Parasit Acanthamoeba ini biasanya hidup di air keran dan debu. Parasit inilah yang makan melalui kornea mata Hyde.

 
Dokter pada awalnya keheranan karena mata sebelah kiri Hyde meradang terus menerus dan akhirnya dokter memutuskan untuk membuka mata Hyde sebesar-besarnya untuk mencari penyebab radangntya.
 
 
" Hyde menderita infeksi acanthamoeba sehingga kami harus mengambil sesuatu yang di matanya.  Acanthamoeba adalah parasit mikroskopis yang ditemukan di air dan tanah yang dapat menyebar melalui penggunaan lensa kontak, luka, atau luka kulit atau dengan cara dihirup ke dalam paru-paru," jelas Dr Adam Clarin, seorang dokter Optometric.

 
Setelah melakukan pemeriksaan, ditemukanlah parasit pada matanya dan Hydes diberitahu kalau ia harus menjalani pengobatan.

 
"Parasit itu seperti mengikis mata saya. Bahkan pada suatu kali, mereka seperti mengebor mataku. Benar-benar jahat," kata Hyde, seperti dilansir Dailymail, Sabtu (30/3/2013).

 
Menurut Clarin, hal semacam ini seringkali terjadi, bahkan pada beberapa kasus, pemakaian lensa kontak ini mengakibatkan infeksi seperti komplikasi dan maag.

 
Gejala infeksi yang terjadi pada pemakai lensa kontak biasanya mata gatal dan berair, penglihatan kabur, sensitivitas terhadap cahaya, pembengkakan kelopak mata atas dan rasa sakit yang hebat.

 
Perawatannya bisa dilakukan dengan tetes mata setiap 20 menit, siang dan malam. Tapi pada kasus tertentu yang sudah parah, penderita harus melakukan transplantasi kornea. Maka itu, Clarin menghimbau untuk menjaga lensa agar tetap bersih dan menggantinya secara teratur karena parasit juga ada dalam debu, di laut dan di kamar mandi dan kolam renang. (Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini