Studi: Nonton TV Pengaruhnya Kecil pada Perilaku Buruk Anak

  • Info Sehat
  • 0
  • 30 Mar 2013 08:26

anak-nonton-tv130329b.jpg

Banyak orang berpikir TV bisa berpengaruh buruk pada perkembangan sosial anak. Tapi para ahli tidak berkata demikian.

Para ahli berpendapat, menonton TV selama berjam-jam atau bermain game di komputer setiap hari tidak merugikan perkembangan sosial anak.

Medical Research Council (MRC) yang memelajari lebih dari 11.000 murid SD mengatakan salah jika menghubungkan perilaku buruk dengan menonton TV.

Meskipun peneliti menemukan keterkaitan kecil antara keduanya, tapi ada pengaruh lain, seperti cara mengasuh, paling terkait dengan hal itu.

Tapi, menghabiskan banyak waktu untuk menonton TV mengurangi banyak waktu anak untuk melakukan kegiatan penting lainnya. Anak-anak kurang bermain bersama teman-teman dan mengerjakan tugas sekolah.

Penelitian Amerika Serikat menunjukkan bahwa menonton TV sejak usia dini bisa menyebabkan masalah fokus pada usia tujuh tahun.

Dr Alison Parkes, pemimpin penelitian sekaligus kepala sosial dan masyarakat unit kesehatan di MRC, Glasgow, berpendapat salah kalau menyalahkan masalah sosial pada TV.

"Kami menemukan tidak ada pengaruh dari menonton TV dengan perilaku dan masalah sosial. Hanya ada pengaruh yang sangat kecil untuk masalah perilaku, seperti berkelahi atau mengintimidasi," kata Dr Parkes, yang dikutip dari BBC, Sabtu (30/3/2013).

Dr Parkers menambahkan, campur tangan dengan lebih mengutamakan dinamika dalam keluarga dan anak akan lebih banyak membawa perubahan. Dan hal itu tergantung sifat-sifat anak itu sendiri dan apakah mereka juga mendapatkan pengawasan.

Sonia livingstone, profesor psikologi sosial di London School of Economics mengatakan temuan itu merupakan "alasan yang baik untuk bertanya mengapa beberapa anak menghabiskan begitu banyak menonton televisi."

Prof Annette Karmiloff-Smith dari Birkbeck, University of London mengatakan, daripada berfokus ke efek samping yang timbul dari game dan TV juga video, akan lebih baik untuk melihat dampak positif yang bisa didapat anak-anak. (Zul/Igw)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler